Panduan Tepat Dalam Memilih CCTV Outdoor

  • 3 min read
  • Jun 22, 2021
Panduan Tepat Dalam Memilih CCTV Outdoor

Untuk keamanan di setiap rumah maka orang biasanya menggunakan kamera CCTV. Salah satunya kamera CCTV outdoor yang dipakai untuk melindungi sistem keamanan rumah terutama di bagian luar ruangan.

Ada banyak rekomendasi CCTV yang bisa anda pilih untuk keamanan, namun tentunya hanya beberapa saja yang memang terbukti punya kualitas baik. Tentu saja kualitas CCTV dilihat dari berbagai aspek, agar bisa dianggap handal untuk mengamankan rumah.

Panduan Dalam Memilih Kamera CCTV Outdoor

CCTV memudahkan dalam urusan pemantauan bagian luar ruangan secara langsung. Bisa melalui komputer, laptop hingga smartphone. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih kamera CCTV pada sistem keamanan gedung maupun rumah.

● Sesuaikan Dengan Keperluan

Ketika sedang memilih CCTV outdoor, akan lebih baik jika disesuaikan dengan keperluan properti yang dimiliki. Karena penempatannya di luar ruangan maka disesuaikan dengan sekitar rumah atau gedung.

Perhatikan beberapa area luar rumah karena ada banyak jenis kamera CCTV. Misalnya untuk bagian pintu masuk rumah membutuhkan kamera jenis peluru agar semua bagiannya bisa terjangkau. Kemudian untuk halaman rumah dengan pekarangan yang luas, Anda bisa memilih kamera dengan lensa wide, karena punya pandangan yang luas.

Untuk bagian pintu belakang karena umumnya lebih gelap dan tidak memiliki cahaya yang cukup maka membutuhkan kamera infrared. Apabila memiliki rumah dengan kondisi bukit maka bisa menggunakan kamera wireless agar lebih mudah diakses. Jika anda berada di daerah yang memiliki cuaca ekstrem tentu saja membutuhkan kamera yang tahan terhadap segala cuaca.

● Lebih Baik Memilih yang Bergaransi

Biasanya CCTV outdoor maupun indoor yang dijual untuk memiliki garansi yang berbeda-beda dari vendornya. Namun kebanyakan vendor memberikan garansi untuk CCTV yang dijual selama 1 sampai 2 tahun. Jika garansi yang diberikan kurang dari 2 tahun ataupun lebih maka anda perlu mempertimbangkan kembali apakah sesuai dengan kualitas dari CCTV-nya.

Karena baik distributor ataupun vendor biasanya memberikan garansi yang hampir sama pada setiap merek dari CCTV yang dijual. Maka dari itu perlu memperhatikan garansi produk ini demi kenyamanan pembelian CCTV untuk  jangka panjangnya.

● Mempertimbangkan Penempatan Kamera

Dalam memilih kamera CCTV outdoor, selain sesuaikan dengan properti yang dimiliki perlu juga memperhatikan area mana saja yang akan dipasang kamera tersebut. Dalam hal ini anda tentu tidak boleh berpendapat sendiri, bisa berdiskusi terlebih dahulu dengan anggota keluarga. Ataupun jika pemasangan CCTV di luar gedung maka bisa dilakukan rapat untuk penentuan pemasangan CCTV pada titik-titik tertentu.

Misalnya perlu memasang kamera CCTV di depan pintu rumah untuk melihat siapa saja yang melakukan akses ke rumah anda. CCTV juga perlu dipasang di bagian pagar atau gerbang masuk untuk antisipasi jika ada orang yang berniat jahat ingin menyusup. Sementara itu ketika malam hari lensa wide inframerah bisa dimanfaatkan untuk melihat sekitar rumah.

Jika anda memiliki banyak hewan peliharaan perlu juga memasang kamera CCTV di dekat kandangnya. Lalu Anda bisa memasang kamera tersembunyi untuk bagian garasi dan tempat-tempat penyimpanan barang-barang berharga.

Tingkatkan Keamanan Dengan HikCentral Enterprise

HikCentral Enterprise mampu meningkatkan sistem keamanan dengan lebih efisien dengan berbagai sistem yang dimiliki. Berikut beberapa keunggulannya.

  • Menggunakan Artificial Intelligence, HikCentral Enterprise menggunakan fitur keamanan komersial memiliki solusi yang terbilang komprehensif secara end-to-end. Ini tentu saja membuatnya tidak hanya bagus dari sisi pengamanan. Lindungan bisa didapatkan mulai dari masuk gedung sistem entry dan exit yang ada.
  • Adanya kamera ANPR, HikCentral Enterprise menggunakan kamera ini untuk keamanan pada tempat parkir. Jadi adanya kamera ANPR parkir jauh lebih cepat dan juga mudah untuk melakukan manajemen kendaraan.
  • Solusi Human Access Management, HikCentral Enterprise memberikan solusi visitor management. Mulai dari kemudahan dalam akses tenant dan juga akses untuk kehadiran para karyawan dengan memanfaatkan berbagai otentifikasi.
  • Solusi di bidang industri, memberikan solusi yang cukup komprehensif di bidang industri karena mampu meningkatkan efisiensi dan juga strategi industri retail. Dengan cara ini tentu peningkatan daya jual untuk produk yang ditawarkan juga punya pengaruh yang besar. Karena sisi TV yang digunakan menggunakan fitur customer analysis yang langsung diintegrasikan dengan customer data VIP. Nantinya kamera ini mampu mendeteksi pelanggan yang datang ke sebuah toko. Lalu para pegawai akan mendapatkan notifikasi langsung jika pelanggan yang datang adalah pelanggan VIP.
  • Kemudahan pengambilan data pelanggan, CCTV yang digunakan memiliki fitur customer analysis sehingga memudahkan untuk pengambilan data pelanggan yang datang ke toko. Tidak hanya itu saja CCTV ini juga sangat membantu dalam mengenali bedanya petugas dan karyawan serta pelanggan. Adanya tambahan fitur Remote Audit memberikan kemudahan untuk memenuhi berbagai keluhan dari pelanggan lebih efisien dibanding sistem audit masih menggunakan cara tradisional.

Jadi itu tadi beberapa tips dalam pemilihan kamera CCTV outdoor. Nah untuk CCTV terbaik pada rumah, gedung atau industri Anda bisa memilih HikCentral Enterprise dari Hikvision, jangan yang lain.