Tips Kecantikan: Berikut 6 Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami dengan Bahan-bahan Dapur!

  • 3 min read
  • Jul 08, 2021
Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami

Tips kecantikan – Seperti yang kita tahu bahwa tidak semua orang diberkahi dengan kulit putih yang cerah serta mulus. Pada dasarnya, kulit secara alami menghasilkan pigmen yang disebut melanin yang berperan untuk memberikan warna pada kulit. Faktor eksternal seperti polusi, paparan sinar matahari hingga bakteri dapat menambah produksi melanin yang menyebabkan warna kulit menggelap.

Untuk mengubah jumlah melanin secara alami yang ada pada kulit merupakan hal yang cukup sulit. Hanya saja, terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan warna kecokelatan serta pigmentasi berlebih yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan faktor eksternal lainnya. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini!

Inilah 6 Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami dengan Bahan-bahan Dapur

Bagi anda yang menginginkan kulit wajah putih dengan cara alami tentu saja tidak perlu khawatir. Anda tidak perlu menggunakan cream pemutih untuk mendapatkannya. Hanya cukup menggunakan bahan-bahan yang bisa anda temukan di dapur. Penasaran apa saja? Berikut beberapa diantaranya:

  1. Lemon dan Madu

Bahan yang pertama yaitu lemon dan madu. Lemon memiliki sifat pemutih alami sehingga menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk membuat kulit wajah lebih cerah. Ekstrak lemon bisa membantu mencerahkan kulit serta mengurangi munculnya bintik-bintik hitam. Sementara madu, memiliki sifat anti-bakteri yang bisa membantu memudarkan bekas luka serta pigmentasi berlebih untuk membuat kulit wajah lebih bersinar.

Cara pengaplikasiannya tentu mudah, dimana anda hanya perlu mencampurkan 1 sdm susu, 1 sdm madu dan 1 sdm perasan lemon. Campurkan bahwan tersebut lalu oleskan pada wajah tunggu selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini secara rutin seminggu 2 kali.

  1. Pepaya dan Madu

Buah pepaya mengandung enzim seperti asam alfa hidroksi dan papain yang membantu menghilangkan kotoran pada kulit, memudarkan bekas jerawat, mengangkat sel kulit mati serta membuat kulit lebih cerah.

Anda bisa menambahkan buah pepaya dengan madu. Caranya tentu cukup mudah dimana ambil beberapa potong pepaya yang sudah dikupas lalu haluskan seperti pasta. Selanjutnya tambahkan 1 sdt madu aduk sampai rata. Aplikasikan pada wajah dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah kering, bilas wajah dengan air hangat di lanjut dengan air dingin. Lakukan secara rutin.

  1. Yoghurt

Yoghurt mengadung asam laktat yang berfungsi untuk mencerahkan warna kulit, memperbaiki tanda-tanda penuaan diri dan menghilangkan bintik-bintik hitam. Yoghurt juga mengandung vitamin B kompleks yang bisa membuat kulit anda lebih cerah. Campurkan 2 sdm yoghurt tawar dengan madu. Campurkan lalu aplikasikan pada wajah anda secara merata. Biarkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

  1. Wortel dan Alpukat

Berikutnya ada wortel dan alpukat. Wortel kaya akan beta karoten yang sangat baik untuk kulit wajah. Tak hanya itu saja, wortel juga mengandung antioksidan yang membantu memperbaiki tekstur serta warna kulit.

Sementara alpukat mengandung vitamin yang membantu mengangkat sel kulit mati, melawat jerawat serta membersihkan komedo. Jika dicampur bersamaa, maka kedua bahan tersebut akan membantu mencerahkan kulit wajah. Rebus satu buah wortel berukuran sedang. Setelah dingin, campurkan dan haluskan bersama dengan buah alpukat. Tambahkan 1 sdm madu dan aplikasikan pada wajah kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

  1. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang merupakan senyawa paling efektif untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan diri. Kurkumin juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah. Manfaat kunyit untuk mencerahkan kulit memang bukan hal yang asing lagi. Kunyit telah terbukti dan dipercaya bisa memutihkan kulit wajah secara alami.

Campurkan 1 sdm bubuk kunyit, sedikit madu serta yoghurt tawar. Setelah itu aplikasikan bahan tersebut pada kulit wajah secara merata. Tunggu sampai mengering dan bilas dengan air hangat.

  1. Masker Beras

Butiran beraas tentu saja bisa menjadi solusi untuk memutihkan kulit wajah dalam 1 minggu. Kandungan aktif yang terdapat dalam beras bisa membantu mencerahkan kulit wajah, menghilangkan flek hitam serta mencegah timbulnya jerawat. Untuk hasil yang terbaik anda bisa menggunakan beras jepang.

Cara pengaplikasiannya yaitu ambil 1 gelas kecil beras, cuci lalu rendam dengan air selama 30 menit. Pisahkan air lalu tumbuk sampai halus. Setelah halus, tambahkan sedikit air atau madu lalu oleskan pada wajah selama kurang lebih 15 menit. Bilas dengan air bersih lalu lakukan secara rutin.

Nah itulah cara memutihkan kulit wajah secara alami yang sebaiknya anda ketahui. Cara diatas tentu saja mudah dilakukan terlebih lagi bahan-bahan yang digunakan sudah familiar dan mudah ditemukan. Itulah sekilas tentang tips kecantikan,  Selamat mencoba!