Dana darurat biasanya sangat dibutuhkan dalam kondisi mendesak atau kondisi kegawatdaruratan yang berkaitan dengan kesehatan. Dalam kondisi tidak memiliki asuransi kesehatan, hal yang wajar jika beberapa orang pun akhirnya mengajukan pinjaman cepat ke beberapa lembaga keuangan.

Dengan kondisi demikian, sebenarnya kita bisa mengantisipasinya dengan menyiapkan dana darurat lebih awal. Tapi, kadang banyak yang bingung memulai bagaimana caranya menyiapkan dana darurat.

Nah, berikut ini adalah beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan oleh siapapun dan latar belakang finansial manapun untuk menyiapkan dana darurat secara mandiri.

  1. Menyisihkan dari pendapatan tiap bulan

Dana darurat yang ideal sebenarnya bisa disesuaikan dengan kondisi finansial. Ada pakar keuangan yang mengatakan bahwa dana darurat harus cukup menghidupi standar kehidupan selama enam sampai 12 bulan ke depan.

Jika demikian, barulah kita bisa menyisihkan dari pendapatan tiap bulan. Contoh jika dalam enam bulan kita membutuhkan dana darurat sebesar Rp30 juta, artinya dengan gaji sebesar Rp5 juta, paling tidak harus menyisihkan Rp1 juta per bulan.

Tidak ada aturan yang baku tetapi ada acuan yang bisa ditetapkan untuk menyiapkan dana darurat. Semakin cepat terkumpul akan semakin baik dan disimpan di tempat aman tetapi tetap mudah untuk dicairkan dalam kondisi tertentu.

  1. Menabung dari sisa kembalian belanja

Langkah sederhana lainnya adalah mengumpulkan semua sisa kembalian saat belanja. Cara ini bisa dilakukan dengan mengumpulkan koin ata benar-benar semua sisa belanja dimasukkan ke dalam toples untuk dana darurat.

Beberapa orang bahkan menggunakan cara ini sebagai salah satu metode menabung untuk kebutuhan traveling atau kebutuhan lainnya. Namun, cara ini tidak bisa terukur berapa uang yang sudah dikumpulkan dan berapa target yang sebenarnya bisa dicapai dalam kurun waktu yang ditetapkan sendiri.

  1. Gunakan sisa dana bulanan yang tidak terpakai

Jika kamu sudah punya anggaran dana bulanan, tentu akan sangat membantu dalam menyiapkan dana darurat. Apalagi jika ada anggaran sisa bulanan yang tidak digunakan. Contohnya kamu sudah punya anggaran belanja baju bulanan, tetapi suatu waktu ternyata tidak digunakan. Nah, alokasikan sisa dana tersebut ke pos dana darurat.

  1. Memanfaatkan dana anggaran tidak terpakai

Langkah ini sebenarnya hampir sama. Tetapi bisa dicarikan dari periode yang lebih panjang. Misalnya dana anggaran mudik yang tidak terpakai, dana anggaran liburan yang tidak terpakai, atau dana anggaran belanja bulanan yang tersisa. Dana-dana anggaran yang tidak terpakai inilah yang bisa menjadi sumber dana darurat supaya target yang ditetapkan bisa lebih cepat tercapai.

  1. Mencari pekerjaan sampingan

Lain halnya jika empat langkah di atas sulit diwujudkan. Mau tidak mau kamu harus mencari pekerjaan sampingan untuk memenuhi kebutuhan dana darurat. Penting mana antara tabungan, investasi dan dana darurat? Tentu dikembalikan kepada kebutuhan pribadi masing-masing karena setiap orang pasti memiliki prioritas yang berbeda.

Dalam kondisi tidak punya dana darurat tetapi berada dalam kondisi membutuhkannya, kamu sebenarnya bisa memanfaatkan pinjaman cepat dari beberapa fintech tepercaya di Indonesia. Namun, opsi ini bisa jadi opsi terakhir. Bagaimanapun tetap saja dana darurat harus disiapkan anggarannya tersendiri.

Jika berbicara fintech mana yang tepercaya di Indonesia? Kamu bisa pertimbangkan Kredivo. Kredivo sudah terdaftar secara resmi di OJK dengan nama PT FinAccel Digital Indonesia dengan nomor registrasi S-236 / NB.213 / 2018. Dengan begitu operasionalnya pun tetap dibawah pengawasan langsung dari OJK.

Kredivo bukan fintech biasa. Karena Kredivo dapat juga digunakan layaknya seperti kartu kredit digital untuk berbelanja di beberapa marketplace terkemuka seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, dan sebagainya.

Kredivo memberikan bunga pinjaman sebesar 2.95 persen dengan pilihan tenor mulai dari 30 hari, 3 dan 6 bulan. Malah untuk belanja dengan pembayaran kredit digital seperti Kredivo, tenor bisa lebih panjang hingga 12 bulan.

Selain bisa dimanfaatkan untuk dana darurat, Kredivo juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan bulanan seperti pembelian token listrik, pulsa hp, pembelian tiket pesawat, dan pembayaran berbagai tagihan dalam satu aplikasi.

Nah, jika tertarik dengan kemudahan yang diberikan Kredivo, unduh aplikasinya lewat Google Play Store dan App Store, kemudian daftarkan diri kamu secara mudah, bisa online kapan saja.