Manfaat Rutin Konsumsi Air Putih

  • 3 min read
  • Jul 05, 2020
Manfaat Rutin Konsumsi Air Putih

Saat memasuki musim pancaroba, sangat disarankan untuk setiap orang memiliki imunitas yang baik. Karena apabila imunitas sedang tidak bagus, maka risiko tubuh terpapar virus serta penyakit lainnya akan semakin besar juga. Maka dari itu setiap ahli di bidang kesehatan sangat menyarankan untuk mengkonsumsi asupan yang baik untuk menjaga imunitas tubuh, berolahraga secara teratur, juga menjaga pola pikir yang sehat agar imunitas tetap terjaga.

Maka dari itu, pentingnya menjaga tubuh tetap dalam kondisi prima sangat disarankan. Salah satu caranya adalah dengan melindungi diri secara higienis melalui kebiasaan rajin mencuci tangan dengan air mengalir serta sabung bukan hanya sebelum dan sesudah makan namun juga sesering mungkin, karena sangat mungkin tangan melakukan kontak langsung pada muka baik secara sadar maupun tidak sadar. Tidak lupa untuk membersihkan area-area di sekitar Anda beraktivitas seperti ruang kantor.

Selain menjaga kesehatan dari luar juga harus dilakukan dari dalam. Salah satunya adalah dengan cara membentengi diri dari ancaman kesehatan dari dalam tubuh seperti menjaga asupan yang masuk kedalam tubuh. Mulai dari makan-makanan bergizi dan memang bermanfaat untuk tubuh, hingga asupan minuman yang wajib Anda konsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan sehingga tubuh tetap mengalami hidrasi sehat dengan mengkonsumsi air putih secara rajin serta teratur. Dan apabila tubuh kekurangan cairan maka tubuh akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh.

Pada dasarnya, manusia kehilangan air dari tubuh setidaknya 1.900 mililiter setiap[1] harinya sehingga memberikan dampak pada kemampuan fisik maupun kognitif seseorang. Dengan begitu, bisa dipastikan gangguan tersebut juga berdampak pada penurunan dari kekebalan tubuh diikuti dengan ketidakseimbangan fungsi dari organ-organ tubuh sehingga akan sangat rentan terhadap penyakit khususnya penyakit menular.

Maka dari itu diperlukan kedisiplinan dalam menjaga kesehatan, khususnya asupan untuk tubuh. Mulai dari hal yang mudah, yaitu menjaga konsumsi air putih secara rutin setiap harinya. Setidaknya dibutuhkan 2,6 liter air dalam tubuh untuk membantu organ-organ tubuh agar dapat bekerja semaksimal mungkin. Selain menjaga daya tahan tubuh, ada juga beberapa khasiat dari rutin mengkonsumsi air putih setiap hari.

Berikut beberapa manfaat dari rutin mengkonsumsi Air Putih[2] pada tubuh :

  • Memaksimalkan Fungsi Kerja Otak

Dalam penelitian British Journal of Nutrition tahun 2011, para ahli menemukan bahwa mengkonsumsi air putih yang cukup dapat meningkatkan kemampuan berkonsentrasi dan juga mendorong daya ingat. Bahkan beberapa studi lainnya membuktikan bahwa minum air putih juga dapat membantu memperbaiki suasana hati atau mood.

  • Melancarkan Sistem Pencernaan

Seperti yang dijelaskan oleh ahli gizi dari Beverage Institute di Amerika Serikat, Joan Koelemay, RD, asupan air dan serat yang seimbang merupakan kunci pencernaan sehat yang bekerja layaknya sapu dalam membersihkan usus kemudian mengeluarkannya melalui kotoran hingga tuntas. Namun apabila Anda kekurangan cairan, maka usus akan menarik air dari feses agar dapat bekerja sehingga feses Anda akan mengeras, inilah penyebab dari seseorang sulit buang air besar.

  • Membantu Program Diet

Untuk Anda yang sedang dalam proses diet, studi pada jurnal Obesity (Silver Spring) pada tahun 2011 juga menjelaskan bahwa mereka yang meminum 500 mililiter air putih sebelum makan dapat menurunkan bobot tubuhnya hingga sebesar 44 persen. Namun Anda juga jangan terlalu berharap dapat menurunkan berat tubuh Anda jika masih belum bisa disiplin. Karena pada penelitian tersebut juga mengatakan, para peserta penelitian tersebut memiliki kebiasaan rutin mengkonsumsi air putih sebelum makan itu selama 12 minggu.

  • Memaksimalkan Penyerapan Nutrisi untuk Tubuh

Manfaat selanjutnya dari rutin mengkonsumsi air putih adalah memaksimalkan proses penyerapan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi, ke tubuh Anda. Berbagai kandungan penting dalam air minum seperti vitamin ataupun mineralnya yang bersifat larut, membantu proses penyerapan nutrisi tersebut. Dan dengan mengkonsumsi air putih secara rutin, akan membantu zat-zat gizi tersebut terikat pada air yang disalurkan keseluruh tubuh secara merata. Sebaliknya, kurangnya mengkonsumsi air putih akan sulit menyebarkan zat-zat gizi tersebut keseluruh tubuh.

  • Mengendalikan Tekanan Darah

Tahukah Anda kenapa tekanan darah dapat meningkat? Hal tersebut dikarenakan pengentalan darah, dan pengentalan tersebut terjadi salah satunya karena kekurangan air dalam tubuh. Maka dari itu mengkonsumsi air putih secara rutin berkhasiat untuk mengurangi risiko Anda terkena hipertensi.

  • Menyuplai Oksigen Ke Seluruh Tubuh

Komponen penyusun darah 90 persennya mencangkup air, yang dimana kandungan oksigen dalam air akan mempengaruhi peredaran darah pada tubuh. Maka dari itu, selain pengentalan darah, oksigen yang kurang pun akan membuat sistem kerja pada darah tidak akan maksimal. Sehingga darah inilah yang lantas menjadi pengantar oksigen, nutrisi penting, dan zat kimia lainnya ke seluruh sel-sel tubuh. Dengan cukup minum air putih, maka sirkulasi darah keseluruh tubuh menjadi lebih lancar. Seluruh sel dalam tubuh juga kemudian akan mendapatkan suplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan.

  • Merawat Kulit dan Kecantikan

Manfaat lainnya dari rutin mengkonsumsi air putih adalah menjaga kelembaban serta kehalusan kulit secara alami. Tidak perlu bersusah payah menjaga dan merawat kulit ke dokter kecantikan dengan beragam obat, hanya dengan rutin mengkonsumsi air putih yang cukup setiap harinya mampu mempertahankan tekstur kulit yang sehat, tidak kering, bersisik, maupun kusam.

Namun sayangnya, semua itu tidak bisa didapatkan dengan mengkonsumsi semua air minum yang ada dipasaran. Kenyataannya, masih banyak air minum yang belum bisa memenuhi persyaratan untuk menjadi air mineral terbaik dengan banyak alasan. Mulai dari sumber mata air yang tidak baik, hingga proses penyulingannya yang tidak higienis.

Berbeda dengan AQUA yang sejak tahun 1973 menjaga dan selalu meningkatkan kualitasnya karena menggunakan air dari sumber mata air pegunungan terbaik yang mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dan bukan hanya 1 melainkan 17 sumber mata air pegunungan yang ada dari Sabang hingga Merauke[3]. Karena AQUA selalu ingin memberikan kebaikan alami di setiap tetesnya khususnya untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Referensi:

  • https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4862931/tiap-hari-cairan-tubuh-hilang-1900-ml-ini-pentingnya-minum-air
  • https://parenting.orami.co.id/magazine/manfaat-minum-air-putih-bagi-kesehatan/
  • https://www.sehataqua.co.id/begini-cara-memastikan-aqua-berasal-dari-mata-air-terbaik/