Menghitung IMT dengan Menggunakan Aplikasi

  • 2 min read
  • Dec 12, 2020
Menghitung IMT

Memang yang namanya tubuh ideal itu adalah tubuh yang tidak terlalu gemuk juga tidak terlalu kurus. Karena kalau kegemukkan selain kurang menarik juga bisa menyebabkan berbagai penyakit. Sedangkan jika terlalu kurus juga bisa menyebabkan seseorang menjadi minder, karena menganggap dirinya berpenyakit atau kurang gizi.

Nah, untuk mengetahui apakah anda ini termasuk kategori kurus, normal, atau gemuk adalah dengan menggunakan kalkulator IMT.

Apa Itu Kalkulator IMT?

Untuk menghitung IMT (Indek Massa Tubuh) atau yang dikenal dengan istilah BMI (Body Mass Index) merupakan alat pengukuran komposisi tubuh yang paling umum dan sering digunakan. Salah satu keuntungan menggunakan Kalkulator IMT atau BMI ini anda bisa mengetahui berat badan yang ideal. Dengan demikian, anda bisa memantau kenaikan berat badan setiap harinya.

Untuk dapat menentukan berat ideal seseorang menggunakan IMT, maka anda bisa melakukan perhitungan antara berat badan dan tinggi badan. Selain bisa dilakukan secara manual, anda bisa menggunakan aplikasi untuk menghitung IMT ini dengan cepat dan mudah.

Menghitung IMT Dengan Menggunakan Aplikasi 

Di era digital sekarang ini sangat dimudahkan untuk mengetahui berbagai informasi yang dibutuhkan, salah satunya adalah informasi tentang berat badan dengan menggunakan beberapa aplikasi di smartphone android. Sebagai rekomendasi berikut beberapa aplikasi cara menghitung IMT yang bisa anda gunakan di smartphone android :

  1. Pintar BMI Calculator

Aplikasi yang pertama adalah Pintar BMI Calculator. Dengan menggunakan aplikasi Pintar BMI Calculator ini anda bisa menghitung perkiraan lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan seseorang. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengetahui apakah seseorang tersebut memiliki kelebihan berat badan atau malah sebaliknya kekurangan berat badan. Aplikasi ini bukan hanya untuk menghitung IMT orang dewasa saja, namun bisa juga digunakan untuk menghitung IMT pada anak-anak juga. Bukan hanya itu, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang menarik. Sehingga dengan menggunakan Pintar BMI Calculator ini program diet anda bisa lebih terjaga mulai dari sekarang.

  1. Kalkulator IMT Pro

Kalkulator IMT ini merupakan sebuah aplikasi yang sederhana dan mudah digunakan untuk mengetahui berat badan seseorang dengat tepat dan akurat.  Selain itu, pada aplikasi ini juga terdapat beberapa satuan ukuran berat badan dan tinggi badan untuk melengkapi pengukuran berat badan.

  1. BMI – Calculator Loss

BMI – Calculator Loss ini memiliki fitur yang akan menyajikan mengenai berat badan ideal untuk tertinggi tertentu yang bertujuan sebagai pendamping bagi anda yang ingin menurunkan berat badan atau diet. Selain itu, fitur tersebut juga didukung dengan fitur perhitungan persentase lemak tubuh supaya lebih akurat. Bukan hanya itu, pada aplikasi ini juga terdapat perhitungan Basal Metabolic Rate (BMR) yang bisa digunakan untuk mengetahui kalori harian yang dikeluarkan setiap harinya.

  1. BMI Calculator

Dengan menggunakan BMI Calculator ini memungkinkan anda untuk memonitori BMI pada tubuh setiap saat. Semua pengukuran pada aplikasi ini menggunakan informasi tentang jenis kelamin, usia, tinggi, dan berat badan. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa mendukung informasi yang anda butuhkan seputar cara menghitung IMT.

  1. Berat Badan Ideal (IMT, BMI)

Aplikasi lainnya yang bisaa anda gunakan untuk menghitung IMT adalah Berat Badan Ideal (IMT, BMI). Aplikasi ini digunakan untuk mengukur seseorang apakah termasuk gemuk atau tidak dengan cara menghitung IMT dewasa, anak-anak, ibu hamil dengan penghitungan yang berbeda-beda.