10 Alat Kesehatan Beserta Fungsinya

  • 3 min read
  • Jan 05, 2021
Alat Kesehatan

Semua orang tahu apa itu alat kesehatan, meskipun tidak semua mengetahui definisinya secara lengkap. Ya, alat kesehatan didefinisikan sebagai instrument, apparatus, mesin, implant yang tidak mengandung obat yang berfungsi untuk mendiagnosis penyakit, menyembuhkan orang sakit serta meredakan sakit dan untuk memperbaiki fungsi dan struktur tubuh.

Ada berapa banyak alat kesehatan atau alat medis yang anda lihat ketika anda sempat berkunjung ke rumah sakit atau klinik ? Tentu saja tidak banyak, padahal ada ratusan alat – alat kesehatan dengan berbagai macam jenisnya yang ada dan digunakan di rumah sakit ataupun klinik di seluruh dunia. Apa saja itu ? Kali ini kita hanya akan bahas 10 alat saja.

10 Alat Kesehatan Beserta Fungsinya

1# Tensimeter

Ketika anda ke dokter, biasanya pertama kali yang akan diperiksa adalah tekanan darah. Tekanan darah diukur dengan menggunakan alat kesehatan yang disebut dengan tensimeter. Alat ini sendiri memiliki beberapa macam jenis namun secara umum terdapat jenis manual dan jenis digital.

2# Termometer

Kalau tadi, tensimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah. Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu. Juga terdapat banyak jenis termometer, dan yang dimaksudkan di sini adalah termometer suhu badan yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh ketika demam.

3# Alat Suntik (Spuit)

Ada banyak nama untuk alat kesehatan yang satu ini. Dalam bahasa mendis universal alat ini disebut dengan syringe disposable. Diberikan nama disposable karena alat ini digunakan hanya sekali. Atau termasuk dalam alat kesehatan sekali pakai. Sekali digunakan, setelah itu langsung dibuang atau menjadi limbah medis.

4# Pasien Monitor

Pernahkah anda masuk ke dalam ruang ICU ? Tentunya anda akan menemukan alat ini disana. Pasien monitor atau alat monitoring pasien merupakan alat kesehatan yang digunakan untuk memantau kesehatan atau kondisi fisiologis pasien saat dalam kondisi kritis. Alat ini secara khusus memang digunakan untuk kondisi tertentu dimana kesehatan pasien sangat fluktuatif atau kurang stabil. Diantara beberapa parameter yang diukur dengan alat ini seperti : tekanan darah/blood pressure, grafik EKG, suhu tubuh, detak jantung (irama jantung), saturasi oksigen (SpO2), dan beberapa lainnya.

5# Infus Set

Hampir seluruh pasien yang dirawat di rumah sakit menggunakan alat ini. Alat kesehatan yang satu ini disebut dengan infus set. Disebut demikian karena terdiri dari satu set alat yang digunakan untuk tindakan infus atau pemberian cairan elektrolit pada pasien yang dirawat. Alat ini terdiri dari selang, jarum infus, dan juga alat pengatur laju aliran tetesan infus.

6# Alat Uji Kimia Darah (Chemistry Analyzer)

Ada juga yang menyebut alat ini dengan sebutan fotometer. Hal ini karena sistem kerja alat ini dengan menggunakan photometer atau fotodioda yang berkerja dengan pengaruh cahaya. Chemistry Analyzer merupakan alat yang digunakan untuk menguji kimia darah. Yaitu zat – zat kimia yang terkandung di dalam darah yang berhubungan dengan kesehatan.

7# Hematology Analyzer

Alat ini serupa dengan chemistry analyzer hanya beda fungsi. Alat ini sama – sama untuk menguji sampel darah, namun hematology digunakan untuk menganalisa sel – sel darah termasuk jumlah, struktur, bentuk dan lain sebagainya yang berhubungan dengan darah. Hematology dan Chemistry Analyzer sama – sama digunakan untuk kebutuhan laboratorium medis.

8# Suction Pump

Disebut juga dengan istilah suction Apparatus atau alat penyedot cairan dalam tubuh. Cairan yang dimaksud di sini adalah cairan yang tidak berguna di dalam tubuh seperti cairan darah ketika operasi, dahak (lender) yang berlebihan di dalam saluran pernafasan. Alat ini bekerja dengan sistem pompa elektrik dengan tekanan tertentu.

9# Meja Operasi

Untuk anda yang pernah menjalani operasi mayor, tentu saja pernah merasakan tidur atau berbaring di meja operasi. Meja operasi adalah meja atau dalam istilah medis adalah table yang didesain secara khusus dengan fitur khusus yang digunakan untuk sarana pendukung proses operasi di rumah sakit.

10# Instrument Operasi

Instrument Bedah atau alat – alat operasi ini memiliki banyak bentuk dan jenisnya. Diantaranya adalah gunting operasi dengan berbagai macam model, pinset operasi, pisau operasi dan lain sebagainya. Instrument ini terbuat dari bahan stainless atau logam yang anti karat dan bisa disterilkan dengan menggunakan alat sterilisasi.

Ada banyak macam alat kesehatan yang ada di rumah sakit atau klinik dan tentunya tidak hanya 10 macam seperti yang sudah kita sebutkan barusan. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih detail terkait produk alat-alat kesehatan untuk kebutuhan rumah sakit atau klinik, anda bisa kunjungi www.fulkihasya.com. Distributor Alat Kesehatan lengkap yang menjual berbagai macam alat-alat medis seluruh kebutuhan rumah sakit dan klinik terpercaya dan berbadan hukum. Sekian, semoga bermanfaat.