Tanya Dokter Tentang Telat Haid: Penyebab dan Cara Mengatasi Terlambat Haid

  • 2 min read
  • Feb 18, 2020
Haid

Menstruasi adalah proses peleburan pada dinding rahim karena tidak terbuahi. Fase ini biasanya membuat kondisi tubuh tidak enak dan berpengaruh pada keadaan mood perempuan. Kondisi tersebut sering disebut PMS. Perempuan akan mengalami peleburan itu pada setiap bulan sekali. Ditandai oleh keluarnya darah dari vagina. Rentan waktu kisaran 6-7 hari. Beberapa dari mereka juga bisa mengalami sampai 15 hari masa menstruasi. Namun, ketika proses itu telat dalam jangka waktu panjang. Maka sudah seharusnya Anda tanya dokter tentang telat haid. Guna mendapat penjelasan serta penanganan secara mendalam dan terarah.

Telat haid dalam jangka waktu 2-3 hari bukan persoalan berat. Hal ini bisa terjadi karena kelelahan. Maka setelah rasa lelah tersebut teratasi proses menstruasi akan berjalan seperti biasa. Tetapi, berbeda cerita ketika tidak kunjung haid dalam waktu panjang. Anda harus segera berkonsultasi mengingat apapun haid terkait dengan organ vital yang memiliki kendali besar. Haid termasuk darah kotor yang melepasannya membuat badan lebih nyaman.

Berbeda hal dengan mereka yang tidak bisa mengeluarkan darah haid. Biasanya mereka akan merasakan tubuh sakit dan rasa lain yang jauh tidak menyenangkan. Keterlambatan prose menstruasi dalam waktu lama juga bisa menjadi tanda dari gejala penyakit serius. Pengingat tubuh termasuk sistem yang saling menyatu antara satu bagian dengan bagian lain. Apabila terjadi satu elemen rusak. Maka langsung berdampak pada aspek lainnya.

Inilah yang menyebabkan setiap penyakit selalu memunculkan gejala. Namun, di era modern pertumbuhan dari virus dan bakteri kian cepat. Banyak kasus penyakit kronis yang tidak mengeluarkan gejala secara signifikan. Hal ini yang kemudian membuat penderita tak menyadari. Dan membiarkan setiap tanda kecil yang tubuh berikan.

Ketika hal tersebut terjadi maka peluang medis untuk diagnosa akan terlambat. Secara bersamaan virus sudah menyebar luar pada tubuh yang membuat pengobatan lebih kompleks dan membutuhkan waktu panjang. Berikut ini mengenai penyebab dasar dari keterlambatan haid:

  • Kelelahan

Seperti yang sudah diketahui bahwa rasa lelah tidak hanya membuat badan lesu. Namun, berdampak pula untuk pergerakan metabolisme tubuh. Kelelahan sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari tekanan pekerjaan, ataupun gangguan kesehatan lain. Organisasi kesehatan dunia WHO menyatakan bahwa sehat ialah kemampuan menyeimbangkan antara fisik serta psikis.

  • Gangguan kesehatan lain

Berikutnya karena terdapat gejala penyakit lain. Media penentunya adalah melakukan pemeriksaan secara mendalam pada pihak profesional. Guna mendapat penjelasan secara mendalam apa yang sebenarnya terjadi.

  • Alkohol dan rokok

Alkohol dan rokok bukan jenis konsumsi yang harus mulai dihindari. Ia mengandung banyak zat kimia yang tidak baik bagi tubuh. Ketika hal tersebut terus dilakukan. Maka efek yang terjadi bukan hanya pada gangguan haid yang tidak teratur juga pada penyakit lain.

  • Kehamilan

Anda sudah menikah dan mengalami ketelatan haid. Ada kemungkinan besar Anda dalam masa hamil. Sekali lagi itu kenapa konsultasi harus dilakukan secara mendalam.

Tanya dokter tentang telat haid menjadi hal lumrah yang tidak perlu di cemaskan. Mengingat menstruasi adalah proses inti dari kesuburan wanita. Sehingga ketika terjadi sesuatu yang dirasa tidak beres. Sesegera mungkin lakukan konsultasi pada profesional. Ketika hasil menyatakan bahwa penyebabnya karena kelelahan. Maka usahakan agar diri tetap berada di kondisi relax agar haid berjalan lancar.