Strategi Promosi dalam Bisnis Jual Online

  • 2 min read
  • Jan 05, 2021
Bisnis Jual Online

Kalian pasti sudah merasa bosan dan sedang mencari-cari kegiatan selama dirumah aja gara-gara ada pandemic wabah covid-19. Yang mengaharuskan belajar secara daring (dalam jaringan), dan bekerja secara WFH (work from home) bekerja dari rumah. “Walaupun dirumah aja, tetapi pengen bisa menghasilkan”, “Pengen mencoba hal baru dalam berbisnis”, “Pengen kreatif dan mengembangkan bisnis”, dan ungkapan-ungkapan pernyataan lainnya. Pernyatan-pernyataan tadi memang banyak dirasakan oleh sebagian orang yang sudah merasa bosan dirumah aja, tetapi ingin berkreativitas melaui inovasi-inovasi yang mereka inginkan. Melakukan bisnis online terkadang sedikit terbesit rasa malas, tetapi dengan desakan keadaan yang mengharuskan kita beranjak dari rasa malas kita, kita perlu melakukan hal bermanfaat selama pandemic yang belum berlalu. Mungkin salah satunya dengan melakukan kegiatan seperti berbisnis, buka usaha secara online.

Bagaimana sih cara sukses berbisnis secara online, agar strategi yang kita pakai tidak membuahkan hasilnya yang mengecewakan? Mari kita bahas mengenai strategi dalam berbisnis, agar kalian tidak melakukan kesalahan dan mempromosikan bisnis kalian tepat pada sasaran dan diminati oleh para konsumen.

  • Membuat paket bundling untuk minat pembeli

Yang dimaksud dengan paket bundling ialah suatu cara metode atau strategi pemasaran yang menjual dua produk yang dikemas menjadi satu dengan patokan harga yang murah. Penewaran dengan memberikan value for money, memang banyak di senangi dan digemari oleh para pembeli. Salah satunya penerapan value for money dengan menggunakan paket budling dan terbukti kefektivitasannya.

Dalam pembuatan paket budling ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan pada paket bundling yang kalian buat memiliki nilai value yang lebih, berilah dua produk unggulan dengan diberi harga yang sedikit lebih murah guna meningkatkan kalkulasi penjualan dan jangan terlalu mengejar keuntungan tetapi terapkan dengan baik cash flow. Kedua, pastikan ada memberikan produk dalam paket bundling itu dengan stok barang yang baru dan lama. Ini berlaku pada toko yang sering mengganti produknya dengan stok produk yang baru.

  • Promosikan produk melalui media sosial

Nampaknya strategi ini paling ampuh dalam pemasaran suatu produk. Pasalnya, pada era modern sekarang ini seluruh dunia tak lepas yang namanya gadget. Banyak fitur-fitur yang disediakan dalam gadget berupa e-commerce sebagai sarana komunikasi seperti instagram, whatsapp, twitter, facebook, dan lainnya. Pada media yang berbentuk website juga banyak, seperti konten dengan menggunakan Jasa Press Release yang sedang banyak digunakan dan dicari, sebagai bentuk testimoni perbandingan produk.

  • Promosi langsung, face to face

Strategi semacam ini memang lebih ampuh dan sangat efektif dalam perdangan. Karena, seorang pembeli sudah mengetahui kualitas dan kuantitas secara real dari si penjual terkait produk yang dijualnya. Di bandingkan dengan promosi melaui iklan melalui media sosial yang banyak mencantumkan unsur ekspetasinya. Tetapi ada kekurangan pada strategi ini, berhubung sekarang masa pandemic tidak boleh langsung bertemu (boleh saja asal mematuhi protokol kesehatann dengan baik), maka sedikit kerumitan dengan strategi ini.

  • Lakukan testimoni kepada pembeli

Testimoni sangat perlu untuk menunjukan atau menumbuhkan rasa kepercayaan pada calon pembeli. Sebaiknya kalian menjelaskan dengan detail terkait pada suatu produk yang akan kita pasarkan. Buatlah calon pembeli terkesima dan antusias atas penjelasan dari testimoni produk kalian. Mungkin sempel percobaan pertama kalian dapat menawarkan kepada teman dekatnya, jika pada testimony itu bagus maka kalian share ke media sosial sebagai materi.

  • Menjelaskan standar produksi yang diterapkan

Pada strategi yang terakhir ini tidak kalah pentingnya dengan strategi-strategi diatas. Kalian perlu menerapkan kebersihan saat memproduksi suatu usaha yang sedang dijalani. Kulitas dan kuantitas haruslah baik.