Report Text: Pengertian, Tujuan dan Juga Stukturnya

  • 2 min read
  • Aug 15, 2021
Report Text

Dalam dunia kerja atau dunia pendidikan selalu ada saja berbagai istilah yang agar terlihat lebih keren selalu menggunakan bahasa inggris. Hal seperti ini tentu agar mempermudah dan juga agar penulisan katanya tidak terlalu panjang. Sehingga, jika disampaikan dalam bahasa Indonesia ini artinya panjang tetapi dalam bahasa inggris cukup dua kata saja.

Deskripsi diatas tentu sama halnya dengan report text yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang untuk membuat laporan. Tetapi makna atau pengertian dari kata tersebut tidaklah demikian. Ada pengertian yang lebih kompleks untuk menjelaskan report text ini.

Pengertian

Secara bahasa report text adalah teks laporan tetepi secara istilah adalah sebuah laporan akan suatu obyek tertentu yang dijelaskan secara rinci berbagai informasinya. Misalnya saja terkait batu aneh di atas gunung, jika dibuat report text maka konsepnya adalah menjelaskan posisi batu, asal-usul adanya batu dan yang lainnya.

Selain dari makna di atas ada juga yang menyebutkan jika report text adalah laporan dari suatu hal yang sudah dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Misalnya saja adanya gunung merapi yang meletus sekitar 10 hari sebelumnya. Maka ketika kejadian ini sudah dianalisa dengan baik maka disampaikan jika penyebab meletusnya, berapa korbannya, dan berabgai informasi lainnya.

Tujuan

Dari pengertian di atas tentu bisa di analisa bahwa tujuan dari report text ini memang sangat kompleks dan juga lebih kepada menjelaskan sesuatu berdasarkan fakta. Jika tanpa adanya laporan tersebut tentu anggapan di masyarakat masing belum diketahui sebab ada banyak anggapan dimana itu semua tidak sesuai fakta yang ada.

Tetapi dengan hadirnya atau adanya report text maka semua sudah selesai. Sebab, bentuk laporannya sudah dilakukan penyelidikan atau penelitian yang benar-benar serius sebelum menemukan titik temu dari suaut obyek atau peristiwa tersebut.

Stuktur

Karena terkait dengan laporan maka dalam proses penyusunannya harus sesuai dengan struktur yang ada. penyusunan seperti ini tentu agar memudahkan pembaca memahami akan apa hasil dair laporan tersebut.

Untuk penulisan struktur ini dibagi menjadi dua bagian yaitu klarifikasi umum dan juga deskripsi dari suatu kejadian. Untuk model klarifikasi umum ini konsepnya lebih kepada menjelaskan segala sesuatunya dimulai dari pendahuluan terlebih dahulu. Kemudian, akan masuk kepada topik dimana masih dalam pembahasan secara umum.

Dari penjelasan umum ini nantinya sudah mulai mengerucut hingga akhirnya sampai pada inti masalah. Untuk inti masalah ini perlu dijelaskan secara rinci agar mampu memberi manfaat pada orang banyak disekitanrya.

Berbeda halnya dengan yang model deskripsi, dimana di bagian ini lebih kepada banyak fenomena. Sedangkan di bagian klarifikasi umum ini hanya fokus pada satu fenomena. Tetapi dalam proses penyampaiannya itu sama seperti model di atas.

Jadi dalam menyampaikan titik temunya adalah berdasarkan pada penelitian yang sudah valid. Hal ini menjadi penting karena ini menyangkut anggapan banyak orang dan harus dijelaskan secara terperinci agar semua fenomena ini masalahnya menjadi cepat selesai.

Itulah beberapa hal terkati report text yang perlu kamu ketahui dan kamu pahami. Jika kamu penasaran seperti apa sebenarnya bentuk laporan tersebut kamu bisa lihat di contoh report text. Pada link tersebut kamu akan melihat berbagai contoh terkait laporan tersebut. tetapi pada intinya isi laporan tersebut memuat sesuatu berdasarkan penelitian dan bukan hanya anggapan orang-orang saja terhadap obyek atau dari suatu fenomena yang ada.