Bagi Anda yang sudah terbiasa berkutat dengan persyaratan yang meminta sertifikat Bahasa Inggris, tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama TOEFL dan IELTS. Kedua sertifikat ini sendiri merupakan sertifikat yang berfungsi untuk menguji sejauh mana kemampuan berbahasa Inggris Anda. Jika Anda mengikuti kursus Bahasa Inggris, maka sertifikat ini adalah sertifikat yang Anda perlukan disamping sertifikat kursus Bahasa Inggris.

Tes TOEFL sendiri sudah dilaksanakan sejak tahun 1963 oleh ETS. Meski begitu, tes ini pada awalnya hanya digunakan oleh penduduk di daerah New Jersey untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris mereka yang ingin lanjut ke perguruan tinggi. Namun, kini kedua sertifikat ini telah digunakan dan diakui secara internasional untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris masyarakat.

Lantas, apa pentingnya memiliki salah satu dari sertifikat ini di samping sertifikat dari lembaga kursus Bahasa Inggris? Berikut ulasannya.

Alasan Penting Memiliki Sertifikat TOEFL dan IELTS

  • Sertifikat ini diminta sebagai salah satu syarat mendaftar program sarjana maupun pendidikan lanjut di luar negeri. Persyaratan ini mutlak diminta jika Anda belajar di negara berbahasa Inggris.
  • Sertifikat seperti TOEFL umumnya akan dijadikan sebagai syarat penerimaan pendaftaran universitas di luar negeri bahkan dalam negeri terutama untuk program master dan doctor (S3)
  • Sertifikat biasanya akan diminta untuk mendaftar program non-degree program maupun short course di negara dengan bahasa nasionalnya Bahasa Inggris
  • Sertifikat ini sebagai metode ujian terstandar untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris seseorang. Sertifikat ini bahkan tidak hanya berfungsi untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris non-native speaker, namun juga native speaker.
  • Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris kadang diminta oleh suatu lembaga dan instansi untuk keperluan kenaikan jabatan dan memperoleh promosi.
  • Untuk kebutuhan mendaftar beasiswa LPDP. Beasiswa dari pemerintah Indonesia yang ditujukan bagi putra-putri terbaik bangsa yang ingin melanjutkan pendidikan baik di dalam dan luar negeri ini akan meminta sertifikat Bahasa Inggris sebagai syarat administrasi.
  • Sertifikat diperlukan untuk mendaftar program kolaborasi internasional

Bagi Anda yang merupakan karyawan di suatu perusahaan multinasional, kemampuan Bahasa Inggris yang tersertifikasi tentu sangat diperlukan. Anda bisa mendaftar tempat les untuk karyawan untuk meningkatkan kemampuan.