Pernahkan Anda naik alat transportasi selain bus, misalnya kereta api? Jika belum pernah cobalah baca artikel di bawah ini untuk memilih kelas kereta api yang sesuai dengan budget. Pt kai telah menambah kelas menjadi 5 dengan kelas terdahulu hanya 4. Penambahan kelas ini karena kebutuhan orang akan kereta transportasi nyaman semakin banyak. Mereka yang punya uang lebih ingin mencoba menikmati perjalanan dengan nyaman dan tenang. 

Apa saja kelas kereta yang berjumlah 5 tersebut ?

Kelas Ekonomi

Kereta dengan kelas ekonomi merupakan kelas yang paling banyak diminati orang. Kelas ekonomi bisa dikatakan sebagai kelas sejuta umat. Selain harganya yang lebih terjangkau, kelas ini juga setara dengan bus patas. Ada fasilitas pendingin ruangan, kursi sebanyak 106 buah dengan seat 2-2, dan stop kontak untuk mengisi daya ponsel. Harga kelas ekonomi ini tegantung dari Anda ambil jurusan perjalanan, semakin jauh maka semakin mahal. Fasilitas tambahan lainnya seperti wc umum, bagasi atas dan TV juga memberikan kenyamanan buat penumpang jarak jauh. 

Kelas Bisnis

Untuk kelas bisnis tentunya punya tarif tiket lebih mahal dari ekonomi, yang nampak dari kelas ini adalah seat super empuk, bersih dan nyaman. Ukuran seatnya lebih longgar sehingga jika Anda naik dengan buah hati akan lebih santai untuk selonjoran. Jumlah seat pada kelas bisnis adalah 64 bangku, fasilitas yang disediakan AC, TV, rak bagasi, rotary seat, toilet, stop kontak. 

Dalam setiap seat Anda bisa memesan bantal untuk mengganjal kepala jika dibutuhkan.  

Kelas Eksekutif

Untuk kelas eksekutif merupakan kelas di atas bisnis, memang mirip tapi ada sedikit perbedaan. Kelas eksekutif ini hanya terdapat 50 seat saja. Kondisi seat yang empuk membuat penumpang lebih nyaman dan dari pihak kami menyediakan snack. Setiap seat ada layar untuk melihat tayangan kendati tidak terlalu besar. Hal yang paling membahagiakan dari kelas ini adalah tidak perlu berhenti di stasiun seperti pada kelas ekonomi. Anda terus berjalan sampai tujuan lebih cepat. Jarak kaki untuk Anda selonjoran cukup panjang, seat bisa diubah arah hadapnya. Seat juga bisa direbahkan sebesar 50 derajat ke belakang. 

Kelas Prioritas 

Kelas prioritas adalah kelas paling fenomenal karena menampilkan harga cukup mahal dan bentuk ternyaman. Jumlah seatnya hanya 28 buah saja dengan harga 3 kali lipat dari tiket kelas bisnis. Bentuk seatnya mirip dengan tempat tidur yang bisa direbahkan. Bantalan dan kasur yang sangat empuk menjadika penumpang berasa tidur di kamar hotel. Untuk masing-masing seat ada layar untuk menonton acara TV. Ada lemari kecil di sebelah seat untuk Anda menaruh barang penting dan kunci pribadi. Ada pula meja kecil sebagai tempat meletakkan makanan. Fasilitas lainnya seperti toilet, stop kontak, ac, headset. Saat Anda tiduran tidak akan merasakan pusing karena kecepatan kereta sangat halus, berbeda sekali dengan kelas ekonomi ya. 

Kelas Sleeper

Jika Anda ingin menikmati hotel berjalan cobalah pilih kelas sleeper yang begitu nyaman. Seat yang bentuknya mirip dengan seat pesawat ini bisa direbahkan 150 derajat dan empuk sekali. Setiap seat memiliki partisi atau sekat untuk lebih privasi. Seat ini hanya bisa dipakai untuk 1 orang saja. Fasilitasnya mirip dengan kelas prioritas. 

Layanan terhebat dari kelas ini Anda bisa memesan menu sebanyak 2 kali, berbagai jenis minuman dan snack. 

Budget untuk naik kereta api tergantung dari jenis kelas dan jaraknya, semakin jauh semakin mahal. Anda yang berjarak dekat biasanya mendapatkan kereta api kelas ekonomi dan bisnis. Namun untuk kelas eksekutif hingga sleeper biasanya jarak jauh. Harga minimal naik kereta api mulai dari Rp. 10 ribu – Rp. 1,3 jutaan. Apakah Anda tertarik dengan kelas sleeper yang punya harga lumayan tapi seimbang dengan kenyamanan yang akan Anda dapatkan ya. Pesan tiket ekonomi untuk lebaran memang minimal 3 bulan sebelum hari h karena harganya masih stabil. Jika tidak demikian, Anda akan mendapatkan tiket kelas lain yang harganya lebih tinggi.