Mengenal 6 Manfaat Pisang Kepok yang Tidak Boleh Dilewatkan

  • 2 min read
  • Sep 08, 2021
Pisang Kepok

Pisang kepok memang dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki rasa yang lezat. Akan tetapi, dibalik rasa lezat tersebut, terdapat juga banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari pisang kepok untuk kesehatan. Soalnya, pisang kepok memiliki bermacam-macam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, seperti misalnya vitamin, antioksidan, serta mineral.

Nah, pisang yang satu ini juga termasuk sebagai salah satu jenis pisang yang dapat kita temukan dengan mudah di Indonesia. Pisang kepok memiliki tekstur kulit yang cukup tebal, sementara itu, daging pisang kepok terasa lebih padat dan tidak semanis jenis pisang lainnya. Makanya, seringkali pisang kepok dijadikan sebagai camilan dibandingkan hanya disantap langsung. Adapun beberapa jenis camilan dari pisang kepok diantaranya ialah pisang rebus, keripik pisang, pisang goreng, serta kolak pisang. Tentu saja, kandungan nutrisi yang bermacam-macam ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kita. Penasaran apa saja? Jangan lewatkan ulasan mengenai 6 manfaat pisang kepok berikut ini ya!

1. Membuat saluran pencernaan menjadi lancar

Sebagai salah satu jenis buah yang mengandung banyak serat, pisang kepok sering dikonsumsi untuk membuat sistem pencernaan kita semakin lancar serta menghindari kita dari konstipasi. Apalagi, ada kandungan serat pada pisang kepok yang mendukung pertumbuhan bakteri baik pada usus kita karena sifat prebiotik yang dimilikinya.

2. Memelihara kesehatan jantung

Ternyata, pisang kepok bukan hanya berperan penting untuk sistem pencernaan saja, melainkan juga dapat mengurangi kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh karena pisang kepok akan menyerap kolesterol. Ada juga kandungan kalium yang efektif untuk menurunkan tekanan darah sehingga tekanan darah kita tetap stabil. Tidak heran, pisang yang satu ini diandalkan untuk mencegah munculnya penyakit jantung maupun hipertensi.

3. Membuat gula darah tetap stabil

Pisang kepok yang memiliki kandungan mineral serta antioksidan memiliki banyak manfaat untuk membuat kadar gula dalam darah tetap stabil. Kemudian, hal ini akan membuat kinerja hormon insulin menjadi lebih efektif. Makanya, kita bisa menurunkan risiko terkena penyakit diabetes. Akan tetapi, disarankan untuk mengonsumsi pisang kepok yang belum matang dan diolah secara sehat, misalnya dikukus atau dipanggang.

4. Melindungi tubuh dari paparan radikal bebas

Sebagai salah satu jenis buah yang memiliki antioksidan tinggi, pisang kepok juga berperan penting untuk membuat daya tahan tubuh meningkat serta membuat tubuh kita terlindung dari dampak paparan radikal bebas. Karena seperti yang kita tahu, radikal bebas dapat menyebabkan kemunculan penyakit seperti penyakit degeneratif dan kanker.

5. Mengurangi morning sickness

Sudah bukan rahasia lagi apabila ibu hamil kerap mengalami masalah morning sickness, seperti misalnya kelelahan, sakit kepala, mual, dan muntah. Gejala ini biasanya muncul pada trimester pertama ketika kehamilan. Nah, untungnya, gejala ini dapat diatasi melalui kandungan vitamin B6 yang ada pada pisang kepok.

6. Mengurangi risiko anemia

Ketika seseorang mengalami kekurangan sel darah merah, maka oksigen tidak akan bisa diedarkan secara efektif. Kondisi ini dikenal sebagai anemia yang dapat memicu dampak seperti mudah lelah, lemas, serta sulit ketika harus konsentrasi. Maka dari itu, untuk mengatasi hal ini, mulailah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan folat seperti pisang kepok.

Nah, itulah tadi 6 manfaat pisang kepok yang baik untuk kesehatan kita. Untuk mendapatkan pisang kepok secara mudah, praktis, dan terpercaya, maka kita bisa mengandalkan tempat belanja online sayur dan buah terbaik, yakni TaniHub.