Mengapa Akhirnya Saya Memutuskan Reksa Dana Adalah Investasi yang Tepat

  • 3 min read
  • Oct 01, 2020
Mengapa Akhirnya Saya Memutuskan Reksa Dana Adalah Investasi yang Tepat

Anda pasti pernah menonton setidaknya beberapa film karya Disney. Mungkin saat Anda masih kecil atau menemani anak menonton film-film Disney sekarang.

Salah satu kutipan dari Disney di atas selalu mengingatkan saya bahwa kesuksesan Disney tak lepas dari keengganannya untuk berada di zona nyaman dan terus mengikuti kata hati yang mengatakan bahwa rasa penasaran terhadap sesuatu akan selalu menuntunnya ke jalan yang baru, jalan yang bahkan mungkin merupakan pintu kesuksesan yang baru.

Sebagai seorang pribadi sukses, Anda juga pasti mengerti betul bahwa zona nyaman tidak akan membawa Anda ke jalan sukses yang baru. Sebab untuk menjadi lebih sukses dari diri yang sekarang, ada kalanya dibutuhkan keberanian memulai menapaki jalan yang sedikit asing, namun ternyata berbuah manis untuk masa depan Anda.

Begitulah cara saya memandang sebuah investasi, yaitu sesuatu yang bisa menjadi salah satu jalan untuk mengembangkan kekayaan yang kita miliki. Bagi saya, sebelum memutuskan investasi, ada beberapa hal yang dipelajari terlebih dahulu. Misalnya saja, mana investasi yang tepat bagi saya dan kemana harus menginvestasikan dana yang saya miliki.

Salah satu investasi yang baru-baru ini menarik minat saya adalah reksadana.

Reksa dana adalah jenis investasi saham yang sangat populer. Saya sering mendengar tentang produk investasi yang satu ini, meskipun kala itu belum terlalu tertarik. Saat memutuskan bahwa saya ingin menginvestasikan dana yang saya miliki untuk investasi, barulah saya teringat pada reksadana pendapatan tetap.

Meskipun begitu, tentu saya tidak serta merta terjun ke investasi ini begitu saja. Saya mencari tahu terlebih dahulu faktor apa yang membuat begitu banyak orang berinvestasi di sektor ini.

Setelah dipelajari, barulah mengerti bahwa salah satu keunggulan reksa dana yaitu kita dapat memperoleh keuntungan dari seluruh segmen pasar tanpa harus membeli dan menjual saham maupun obligasi individu. Artinya, tanpa harus mengeluarkan dana yang terlalu besar pun kita bisa mendapat keuntungan yang tinggi. Hal ini karena reksa dana mengumpulkan dana bersama dari sekelompok investor dan menginvestasikan modalnya ke sekuritas yang berbeda.

Selain itu, kemampuan untuk melakukan diversifikasi di banyak investasi dengan membeli satu reksa dana adalah salah satu alasan utama reksa dana sangat populer.

Anda pasti pernah mendengar quote “Don’t put all your eggs in one basket” bukan? Memang saat menyangkut urusan investasi pendapatan tetap, tidaklah bijak menaruh seluruh dana yang kita miliki hanya dalam satu investasi saja. Dengan reksadana, kita bisa berinvestasi di beberapa investasi hanya dengan membeli satu reksa dana saja.

Selain itu, dengan adanya manajer investasi yang menangani reksa dana, kita terhindarkan dari keharusan mengambil keputusan yang rumit dalam berinvestasi di saham, terutama bila kita belum mengerti betul tentang dunia investasi. Dari segi biaya, biaya investasi tersebar di semua investor reksa dana, sehingga dapat menurunkan biaya per individu.

Setelah mempelajari tentang reksadana dan memutuskan bahwa ini adalah investasi yang tepat, barulah saya mencari tahu di mana sebaiknya melakukan investasi ini. Saya pun berusaha untuk membandingkan beberapa produk yang ditawarkan, sebelum akhirnya pilihan saya jatuh ke UT Saving Plan dari bank prioritas DBS Treasures.

UT Saving Plan adalah produk investasi reksadana yang menjawab kebutuhan investasi di era baru. Bukan tanpa sebab menjatuhkan pilihan pada produk ini, tetapi saya menyadari ada banyak manfaat yang bisa didapatkan, seperti:

  • Diversifikasi investasi

Seperti yang sempat dibahas di atas, salah satu alasan mengapa saya memilih reksadana adalah karena diversifikasi dapat mengurangi resiko investasi. Dan pada UT Saving Plan bank prioritas, dana akan dikelola dengan melakukan diversifikasi kepemilikan ke banyak instrumen.

  • Fleksibilitas tinggi

Melalui UT Saving Plan, saya dapat mengatur pilihan reksa dana sesuai profil risiko dan melakukan investasi dalam mata uang Rupiah maupun Dolar AS. Selain itu, dengan mengatur tujuan investasi dan jangka waktu yang diinginkan, saya dapat menikmati kemudahan pendebitan otomatis sehingga investasi pendapatan tetap terlaksana setiap bulannya.

  • Likuiditas harian

Bisa dibilang inilah salah satu faktor yang akhirnya membuat saya yakin untuk menginvestasikan dana di UT Saving Plan. Sebab, salah satu keraguan yang dulu saya miliki adalah apakah saya bisa mencairkan investasi tersebut dengan mudah atau tidak, just in case ada keadaan yang membuat saya tiba-tiba membutuhkan dananya. Ternyata di UT Saving Plan, pemegang reksa dana dapat menjual kepemilikannya kembali berdasarkan harga nilai aktiva bersih pada hari yang sama.

  • Pengelolaan investasi oleh profesional

Reksa dana di UT Saving Plan dikelola oleh manajer portofolio yang berpengalaman dan kompeten dalam mengawasi investasi dana, sehingga saya tidak perlu mengaturnya sendiri.

  • Dana yang dibutuhkan investor lebih ringan

Karena reksa dana mengumpulkan dana dari banyak investor, maka dana yang harus disetorkan dari masing-masing investor pun menjadi lebih ringan.

  • Lebih aman dan transparan

Reksa dana berada dalam pengawasan pemerintah sehingga lebih aman. Selain itu, investor mendapat laporan investasi dari reksa dana yang memudahkan membuat perbandingan antara satu dengan yang lain.

Alasan-alasan tadi akhirnya mampu meyakinkan saya untuk berinvestasi reksadana di DBS Treasures sebagai mitra finansial kepercayaan. Saya pun langsung menghubungi Relationship Manager dan mengatur agar dapat segera berinvestasi di sana.

Investasi adalah perjalanan yang memerlukan proses sebelum kita bisa menikmati hasilnya. Meskipun demikian, percayalah bahwa UT Saving Plan adalah pilihan investasi bank prioritas yang aman dan tepat. Apa lagi Anda tunggu?