Jenis Bahan Kayu untuk Pintu dan juga Jendela | Terupdate

  • 3 min read
  • Sep 23, 2021
jual pintu kayu

Berbagai macam jual pintu kayu dapat digunakan untuk membuat kusen jual pintu kayu dan jendela. Kayu harus wajib memilah kualitas yang harus sesuai agar supaya dapat digunakan atau dimanfaatkan sebagai bahan tubuh tahan lama, kecuali biaya yang murah dan ketersediaan kayu yang cukup juga penting.

Berikut ini yaitu jenis semak atau kayu yang paling sangat sering digunakan atau dimanfaatkan untuk bahan pintu dan juga jendela. Khusus untuk jenis kayu di Indonesia, Arsitur telah mengurutkannya dari yang paling terkenal hingga yang langka.

1. Kayu Kamper
2. Kayu Bengkirai
3. Kayu Jati
4. Kayu Meranti
5. Kayu Kruing
6. Kayu Merbau
7. Kayu Mahoni
8. Kayu Nangkka

Jenis Bahan Semak atau Kayu buat Pintu dan Jendela

1. Kayu Kamper

Kayu kamper ialah tipe kayu yang sudah lama digunakan buat bahan bangunan di Indonesia. Kayu tipe ini sangat sesuai buat bahan daun pintu minimalis, sebab sesungguhnya semak ini umumnya bisa dikeringkan dengan oven. Kayu kamper mempunyai watak luar biasa bila digunakan selaku bahan pintu. Keunggulannya bersaing dengan semak jati serta kerap jadi opsi kayu jati yang mahal.

2. Kayu Bengkirai

Kayu bengkirai adalah salah satu jenis kayu kelas satu yang layak, kayu bengkirai dapat diakses dengan cara pembukaan dari dicukur, dipotong, diukir, diprofilkan dan lain-lain. Oleh sebab itu, banyak manusia yang memasukkan semak bengkirai ini ke dalam klasifikasi tipe bahan penyusunan.

Di Indonesia dikala ini, banyak manusia yang memakai kayu bangkirai ini buat membuat kusen pintu serta jendela. Kayu bengkirai merupakan kayu yang kokoh, karena sebenarnya jenis kayu ini biasanya lebih berat dan lebih keras, namun kayu ini cenderung panas terhadap cuaca lokal yang biasanya menyebabkan retakan pada permukaan kayu.

3. Kayu Jati

Semak jati disukai oleh banyak orang karena kekokohannya dan ketahanannya terhadap perubahan iklim dibandingkan dengan jenis jual pintu kayu yang unik, serta motif serat dan warna yang unik yang juga menarik mata. Dari sekian banyak orang, kayu jati yang berasal dari pulau Jawa, terutama Jawa Timur seperti Jepara, sudah sepantasnya dianggap sampai ke pelosok negeri.

4. Kayu Meranti

Kayu meranti pula kerap digunakan selaku bahan bangunan, spesialnya buat membangun rumah di Indonesia. Kayu meranti bercorak putih, coklat dengan serat lurus, serta ringan. Ringan serta kokoh merupakan aspek yang membuat semak meranti umumnya digunakan buat bahan bangunan.

5. Kayu Kruing

Kayu tipe ini umumnya bercorak coklat, mempunyai serat lurus serta umumnya berminyak, di amerika yang kering kayu ini sama dengan kapur barus. Kruing kayu mempunyai harga yang luar biasa lebih mahal sebab kelezatannya masih dikira di dasar bengkirai serta kapur barus.

6. Kayu Merbau

Kayu merbau ataupun ipil merupakan istilah buat tumbuhan yang menciptakan kayu keras yang sangat bagus. Merbau merupakan anggota suku Fabaceae( Leguminosae). Sebab sangat keras, di Maluku serta Papua Barat semak ini pula diketahui selaku kayu besi. Kayu merbau banyak digunakan selaku bahan buat kusen pintu serta jendela, walaupun saat ini telah mulai sangat jarang. Merbau adalah anggota suku Fabaceae (Leguminosae). Karena sangat keras, di Maluku dan Papua Barat semak ini juga dikenal sebagai kayu besi. Kayu merbau banyak digunakan sebagai bahan untuk kusen pintu dan jendela, meski sekarang sudah mulai langka.

7. Kayu Mahoni

Kayu mahoni yang memiliki bahasa latin mengidentifikasikan Swietenia mahagoni. Mahoni adalah semak yang mewah karena kekuatan dan teksturnya yang indah. Kayu mahoni memiliki sifat yang keras dengan pori-pori yang kecil, hal ini yang menyebabkan kayu mahoni sangat cocok digunakan sebagai bahan kain untuk kusen pintu dan jendela.

8. Kayu Semak atau Nangka

Tidak hanya nangka selaku buah yang lezat, nyatanya kayunya pula kerap digunakan selaku bahan baku pembuatan pintu serta jendela rumah. Tumbuhan nangka nyatanya mempunyai watak yang luar biasa serta kokoh sehingga sesuai buat bahan jual kayu pintu. Selain jenis-jenis kayu di atas, sebenarnya banyak sekali jenis jual pintu kayu yang digunakan untuk bahan pintu dan jendela, namun lagi-lagi frekuensinya sangat jarang atau hanya di daerah-daerah luar biasa.

Begitulah kira- kira tipe kayu buat bahan pintu serta jendela. Mudah- mudahan berguna serta dapat menaikkan pengetahuan.