Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Xiaomi

  • 2 min read
  • Feb 28, 2021
Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Xiaomi

Salah satu keunggulan dari smartphone Xiaomi adalah menggunakan sistem operasi bernama MIUI yang memiliki tampilan menarik dengan tambahan banyak fitur di dalamnya. Sehingga banyak yang berpendapat kalau MIUI lebih baik dibandingkan dengan sistem operasi Android murni. Contohnya terdapat fitur untuk menampilkan kecepatan internet secara langsung dalam satuan KB/s dari kecepatan jaringan yang digunakan. Fitur ini akan membantu untuk mengetahui kondisi internet di suatu lokasi, sedang bagus atau buruk Selain itu, tampilan status bar akan terlihat lebih keren.

Settingan default pada smartphone Xiaomi keluaran terdahulu sudah mengaktifkan fitur kecepatan internet di status bar. Namun pada beberapa tipe Xiaomi keluaran terbaru, terutama yang menggunakan MIUI 11 dan 12 fitur ini belum aktif, sehingga anda harus mengatifkannya secara manual agar informasi kecepatan internet muncul di status bar. Bagi anda pengguna Xiaomi yang ingin menampilkan kecepatan internet dapat mengikuti salah satu tutorial yang saya kutip dari https://techkinian.com/ berikut ini.

Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Xiaomi MIUI 12

MIUI 12 memiliki tampilan yang berbeda dengan MIUI versi sebelumnya. Sehingga banyak menu yang ada di pengaturan letaknya berpindah. Hal ini tentu akan membuat pengguna baru MIUI 12 tentu akan kesulitan menemukan fitur menampilkan kecepatan internet. Cara menampilkan kecepatan internet pada smartphone Xiaomi yang menggunakan MIUI 12 adalah sebagai berikut:

  1. Buka Menu Pengaturan atau Settings.
  2. Selanjutnya scroll ke bawah, lalu buka menu Notifications.
  3. Kemudian tekan pada bagian menu Notification Shade.
  4. Lalu tekan opsi Control center & status bar.
  5. Selanjutnya akan terbuka beberapa pilihan menu, untuk menampilkan kecepan internet silakan aktifkan opsi Show Connection Speed dengan cara menekan tombol yang ada di sampingnya.
  6. Kemudian secara otomatis informasi mengenai kecepatan internet akan muncul di bagian kanan atas layar smartphone Xiaomi yang anda gunakan.
  7. Silakan keluar dari menu Settings, dan gunakan smartphone Xiaomi seperti biasanya.

Cara Menampilkan Kecepatan Internet di MIUI 11 Ke bawah

Tampilan menu Pengaturan pada MIUI 11 dan vesi MIUI sebelumnya masih mirip – mirip dan Sebagian masih sama. Cara memunculkan speep internet pada MIUI 11 ke bawah adalah sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Kemudian buka menu Display.
  3. Lalu pilih dan buka opsi Notch & status bar untuk membuka menu lainnya.
  4. Kemudian aktifkan tombol di samping opsi Show connection speed.
  5. Selanjutnya informasi mengenai speed internet akan muncul secara otomatis di status bar tepatnya terletak dibagian atas layar HP Xiaomi anda.

Selain kedua cara di atas, ternyata masih ada satu cara lagi untuk menampilkan kecepatan internet di HP Xiaomi, yaitu mealui aplikasi Security yang merupakan aplikasi bawaan dari MIUI. Cara menampilkan speed internet Xiomi melalui aplikasi Scurity adalah sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi Security.
  2. Kemudian pilih dan buka menu Data usage.
  3. Lalu pilih menu Settings (icon gerigi yang berada di pojok kanan atas).
  4. Kemudian aktifkan tombol Show network speed.
  5. Selanjutnya kecepatan internet akan muncul di status bar.

Setelah menerapkan semua cara di atas, namun kecepatan internetnya tetap tidak muncul, coba restart HP Xiaomi anda.

Sebelum melakukan restart, pastikan tombol di pengaturan speed meter dalam kondisi ON. Apabila tidak muncul juga, coba gunakan tema default versi MIUI yang anda gunakan.