Cabe Merah: Jenis, Manfaat Hingga Tips Menyimpan Supaya Tetap Segar

  • 2 min read
  • Sep 01, 2021
Cabe Merah

Cabe merupakan salah satu jenis sayuran yang paling banyak digunakan dalam masalah olahan makanan. Di Indonesia sendiri ditemukan dalam berbagai jenis, masing-masing mempunyai karakteristik berbeda dan tentunya rasa yang beda. Dari sekian banyak jenis, Cabe merah menjadi salah satu yang cukup dikenal baik. Dimana bukan hanya dapat memberikan rasa pedas tetapi bisa juga digunakan untuk memperkuat warna merah pada makanan serta aroma yang nikmat. Bagi Anda yang sudah mengenal jenis Cabe satu ini tentu sudah tidak asing dengan manfaat atau kegunaannya dalam masakan.

Kandungan Gizi Cabe Merah

Meskipun lebih dikenal sebagai pemberi rasa pedas namun perlu Anda ketahui pula jika dalam sebuah Cabe mengandung banyak nutrisi didalamnya. Hal itu dikatakan langsung oleh sumber terpercaya, didalam 100 gram Cabe Anda bisa menemukan beragam nutrisi. Mulai dari adanya kalori 40, sodium 9 g, serat 1.5 g, karbohidrat 8.8 g, gula 5.3 g, protein 1.9 g, vitamin A 19.04%, kalsium 1.4%, vitamin C 143.7 mg, vitamin B6 0.5 mg, mangan, tembaga, kalium dan masih banyak lagi lainnya. Dari semua kandungan tersebut capsaicin merupakan yang paling penting. Dimana dalam dunia kesehatan itu mempunyai peran untuk mengurangi rasa nyeri.

Manfaat Cabe Merah

Cabe merah menjadi komponen memasak yang sudah dikenal sejak lama, bisa dikatakan ini tidak bisa dihilangkan dari beberapa jenis hidangan. Meskipun begitu masih banyak pula orang yang belum paham akan kandungan gizi didalamnya, apalagi manfaat kesehatan yang dimiliki. Ada sederet keuntungan kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi jenis Cabe merah seperti:

  1. Meminimalisir kanker.

Penyakit yang mematikan ini cukup mengerikan dan sudah menyerang banyak orang. Supaya bisa terhindar dari masalah kesehatan satu ini bisa mengkonsumsi jenis Cabe, dimana kandungan capsaicin mampu membunuh sel kanker yang dapat menjalar tubuh Anda. Setidaknya bisa meminimalisir kemungkinan terserang penyakit kanker.

  1. Mengurangi resiko jantung dan stroke.

Penyakit mematikan yang selanjutnya ini ternyata juga bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi Cabe merah. Senyawa capsaicin mengurangi kadar LDL dalam tubuh yang umumnya menjadi penyebab penyumbatan pembuluh darah yang menjadikan penyakit jantung serta stroke.

  1. Tinggi antioksidan.

Mengkonsumsi Cabe merah dengan kandungan antioksidan tinggi membuat Anda mempunyai kemungkinan penyakit kardiovaskular lebih rendah. Hal itu tentu karena senyawa-senyawa yang ada didalamnya sehingga bisa diminimalisir.

Efek Samping Konsumsi Cabe Merah

Sudah banyak penelitian mengatakan Cabe merah besar mempunyai kandungan gizi yang baik dan aman untuk dikonsumsi. Namun semua tetap ada batasan, jika berlebihan beresiko pula menjadikan penyakit berbahaya. Seperti kanker kulit, kanker kantong empedu, saluran pencernaan bagian atas, ataupun yang lainnya. Tetapi Anda tidak perlu khawatir ketika mengkonsumsi masih dalam batasan wajar dan aman. Apalagi jika sudah memastikan untuk mengkonsumsi jenis Cabe merah dengan kualitas baik, aman dari pupuk berbahaya dan tentunya tidak beracun.

Menemukan Cabe di Indonesia sudah bukan hal yang sulit, apalagi jenis Cabe merah besar yang cukup banyak. Namun perlu Anda ketahui tidak semuanya mempunyai kualitas yang bagus, jadi harus pandai untuk memilih. Supaya tidak keliru, langsung belanja saja di TaniHub yang menawarkan berbagai bahan masakan segar setiap hari. Ketika Anda memesan bisa langsung diantar kedepan rumah tanpa kerepotan, apalagi banyak promo menarik didalamnya. Nah, setelah berbelanja pastikan untuk menyimpan Cabe merah besar ditempat yang kering sehingga tidak mudah membusuk.