Bagaimana Absensi Karyawan Online dapat Tingkatkan Produktivitas Kerja?

  • 2 min read
  • Dec 07, 2020
Absensi Karyawan Online

Absensi karyawan online adalah sebuah aplikasi yang dapat mengompilasi kebijakan perusahaan, kebijakan ketenagakerjaan, dan segala hal yang mungkin perlu diketahui karyawan tentang perusahaan mereka. Bahkan attendance software karyawan yang terintegrasi dengan penggajian maupun HRIS, dapat memuat misi, nilai, dan tujuan perusahaan.

Aplikasi seperti Talenta misalnya, memudahkan pemberi kerja untuk membagikan kebijakan perusahaan dan ekspetasi kerja kepada karyawan. Hal yang membantu karyawan memahami apa yang diharapkan dari mereka dan menjaga kinerja mereka selama masa kerja.

Seperti yang telah diketahui, cara manual jadi proses yang melelahkan. Jadwal kerja manual, kebijakan terbaru yang tak tersampaikan, hingga kebutuhan administratif lainnya yang sulit dikomunikasikan, menyulitkan karyawan maupun perusahaan.

Berikut adalah beberapa alasan kenapa absensi karyawan online terintegrasi dengan penggajian dan HRIS seperti Talenta, membantu tingkatkan produktivitas di tempat kerja.

1.  Manajemen Waktu

Baik bisnis kecil maupun besar, waktu adalah uang. Dengan mengurus administrasi manual, karyawan mungkin harus melakukan birokrasi berulang kali jika mereka ingin meninjau suatu aspek atau berkonsultasi dengan kebijakan yang bisa memakan waktu.

Namun denganaplikasi absensi terintegrasi, karyawan diberikan akses layanan mandiri yang dapat diakses dari smartphone masing-masing. Keperluan absensi, lembur, perizinan cuti pun dapat diajukan melalui aplikasi berbasis mobile. Hal ini membantu karyawan dan HR mengelola waktu lebih efisien dan lebih mudah mengacu pada kebijakan yang relevan dengan masalah mereka karena keperluan administratif yang mudah dinavigasi.

Aplikasi absensi karyawan terintegrasi juga menghemat waktu bagi pemberi kerja. Menulis kebijakan, kemudian menyelesaikan jadwal, mendistribusikan, dan menindaklanjuti karyawan untuk melihat apakah mereka telah membaca kebijakan jadwal kerja memakan waktu yang sangat lama. Tapi dengan menggunakan attendance software, perusahaan dapat menghemat waktu berjam-jam dan mengerjakan hal yang lebih strategis lainnya.

Apalagi tak jarang pula ada sebagian karyawan yang terbiasa datang terlambat atau datang lebih cepat dari seharusnya. Mungkin tak masalah jika hanya 5 menit, namun bagaimana ketika 10-30 menit tersebut dikalkulasikan per minggu lalu perbulan? Tentu turunkan produktivitas perusahaan.

2.  Pastikan Kepatuhan terhadap Hukum Ketenagakerjaan

Dengan cara administratif manual, perusahaan sebenarnya tidak tahu apakah karyawannya sudah mengetahui segala kebijakan perusahaan atau belum. Jadi, sulit untuk memastikan bahwa karyawan memahami hukum, kebijakan, dan budaya perusahaan.

Sementara aplikasi absensi karyawan online yang terintegrasi ini, memiliki berbagai fitur berguna seperti pengumuman jadwal kerja work from home dan work from office yang langsung didistribusikan dengan mudah kepada karyawan. Karyawan pun tak dapat mengelak karena pengumuman pasti masuk ke dalam notifikasi smartphone mereka. Dengan cara ini, karyawan dapat dimintai pertanggungjawaban jika bertentangan dengan kebijakan perusahaan.

3.  Pembaruan Secara Real-Time

Bagi perusahaan yang ingin menjaga produktivitas tempat kerja, sangat penting agar tuntutan karyawan dipertimbangkan dari waktu ke waktu. Dalam situasi seperti yang kita jalani, kebijakan dan undang-undang ketenagakerjaan mungkin telah berubah, atau kebijakan pemerintah mengenai status wfh dan wfo mendadak yang tak terpikirkan sebelumnya.

Dalam kasus sepertiini, hukum dan kebijakan sementara perlu diterapkan. Kebutuhan tempat kerja dapat berubah dari waktu ke waktu berdasarkan tujuan baru dan visi perusahaan. Perusahaan juga dapat menambahkan kebijakan baru atau menghapus kebijakan dari waktu ke waktu secara langsung dalam aplikasi.

Anda hanya perlu membuat satu kebijakan jadwal kerja dan mendistribusikannya secara online, sehingga karyawan akan diberitahu secara otomatis. Anda pun dapat mengirimakan pengumuman jam kerja terbaru dalam waktu yang telah ditentukan.

Dengan demikian, absensi karyawan online yang terintegrasi dengan penggajian dan HRIS dapat bantu perusahaan mengelola waktu dengan lebih baik, memastikan kebijakan kepegawaian sudah dijalankan sesuai UU, hingga pembaruan real-time yang memudahkan komunikasi dengan karyawan

Memang, produktivitas karyawan jangka panjang perlu memerhatikan hal yang sering terabaikan. Yuk, segera gunakan aplikasi absensi online berbasis web seperti Talenta. Mudah, nyaman, dan serba online.