Pipa air PPR adalah jenis pipa air yang mampu untuk mengalirkan air bersuhu panas dan dingin yang memiliki tekanan air yang tinggi. Pipa jenis biasanya banyak digunakan untuk saluran air panas dan dingin di beberapa rumah, industri, rumah sakit atau perhotelan.

PPR atau singkatan dari Polypropylene Random ini adalah bahan utama yang digunakan untuk produk pipa thermoplastik ini. Pipa PPR karena memiliki banyak kelebihan sehingga banyak yang menggunakan pipa air jenis ini, diantara kelebihannya yaitu :

  • Anti bocor dan bebas biaya perawatan.
  • Bahan baku awet tidak mudah rusak.
  • Anti karat sehingga aman digunakan untuk saluran air bersih.
  • Permukaan licin menyebabkan tidak adanya penyumbatan.
  • Tahan gempa terutama saat ada benturan ringan.
  • Ringan untuk dibawa.
  • Mudah didaur ulang, karena bahan baku polypropylene didesain ramah lingkungan.

Memiliki banyak varian ukuran mulai dari setengah inch sampai ukuran 6 inch dan memiliki Panjang 4 Meter. Jenis Pipa air PPR ini dapat mudah ditemukan karena memiliki ciri pipa yang bewarna hijau namun juga ada beberapa memiliki warna putih dan abu abu. Tidak hanya bisa dipakai sebagai saluran air dingin dan panas bertekanan, pipa air PPR juga mampu untuk saluran air minum hingga untuk saluran pendingin AC.

Dengan menggunakan teknik sambungan pemanasan atau dikenal dengan persenyawaan sempurna mampu untuk mendapatkan hasil sambungan yang setara dengan pipa aslinya. Dengan metode penyambungan seperti ini membuat PIPA PPR dapat mampu untuk bertahan di kondisi aliran panasa atau dingin hingga umur 50 tahun penggunaan.

Tentu umur pipa ini dapat bertahan lama jika menggunakan tekanan dan suhu yang direkomendasikan. Biasanya suhu untuk bisa bertahan diantara 10OC – 70 OC. Ada beberapa jenis PIPA PPR ini yang dibedakan menurut ketahanan tekanan pipanya mulai dari yang untuk tekanan rendah hingga tekanan tinggi. Diantaranya Pipa PPR PN-10, PPR PN-16, PPR PN-20 dan PPR PN-22.

Pemilihan jenis pipa PPR ini disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya misalnya untuk pipa PPR PN-20 yang banyak digunakan di saluran air fasilitas umum dan perhotelan.