7 Menu Sahur Sederhana dan Praktis Bergizi

  • DluOnline
  • Apr 24, 2022
Menu Sahur Sederhana dan Praktis Bergizi

Menu sahur sederhana dan praktis tetap harus memperhatikan nilai gizi dan nutrisi pada menu sahur tersebut. Karena ketika berpuasa tubuh sangat membutuhkan energy, dan nutrisi yang cukup untuk menjaga tubuhnya tetap prima.

Oleh karenanya meskipun menu sahur sederhana dan praktis, menu tersebut harus memiliki nilai gizi yang baik dan menyehatkan untuk tubuh. Berikut dibawah ini rekomendasi menu sahur sederhana dan praktis yang sehat dan bergizi.

  • Pancake Sayuran

Pancake sayur sering kali muncul di drama korea, kamu pecinta drakor pasti tidak asing dengan pancake sayur yang sering disebut pajeon. Menu sahur sederhana dan praktis bergizi satu ini dibuat dengan lebih mudah dibandingkan yang ada di drakor.

Bahan-bahannya yaitu wortel, daun bawang, zucchini, bawang putih, dan pancake mix. Aduk semua bahan tersebut menjadi satu kemudian tuangkan diatas Teflon yang sudah diberi minyak sedikit dengan api kecil.

  • Pasta

Pasta dapat menjadi menu makanan sahur sederhana dan praktis bergizi sebagai pengganti nasi, karena pasti mengandung karbohidrat tinggi. Pasta bisa kamu dikreasikan sesuai selera kamu, jika biasanya pasta selalu identik dengan Eropa, kamu bisa meraciknya menjadi pasta dengan citra rasa Indonesia.

  • Sayur Sop

Sayur Sop mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, protein, dan sayur yang sangat baik untuk tubuh ketika berpuasa. Menu sahur sederhana dan praktis bergizi ini bisa kamu buat dengan sangat mudah di rumah.

Kamu bisa membuat aneka macam sayur sop sesuai selera kamu. Selain bergizi budget untuk membuat sayur sop tergolong sangat hemat.

  • Capcay

Sayuran mengandung banyak mineral dan vitamin yang akan menjaga tubuh tetap berenergi ketika berpuasa. Oleh karenanya menu sahur sederhana dan praktis berikutnya yang bisa kamu buat yaitu capcay.

Capcay dapat membuat rasa kenyang pada tubuh kamu terasa lebih lama dan dapat melancarkan sistem pencernaan kamu, sehingga puasa kamu menjadi nyaman. Cara membuat capcay juga sangat mudah, terlebih rasanya gurih yang akan meningkatkan nafsu makan.

  • Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan sehat pengganti nasi karena mengandung karbohidrat yang rendah kalori dan kaya protein dan serat. Selain itu oatmeal mengandung kandungan vitamin B kompleks dan mineral, sehingga cocok dijadikan untuk menu sahur.

Menu sahur sederhana dan praktis bergizi ini bisa kamu temukan dengan mudah di market ataupun dengan pembelian online. Agar memiliki citra rasa yang lezat kamu bisa memberi toping buah-buah segar, susu atau yogurt dan madu.

Jika kamu lebih menyukai citra rasa yang gurih kamu bisa menambahkan topi telur, potongan jamur, dan keju di atas oatmeal.

  • Kurma

Kurma merupakan buah yang mengandung banyak gizi. Sangat cocok dijadikan menu sahur sederhana dan praktis bergizi.

Untuk menambah selera makan kamu ketika sahur, kamu bisa membuat smoothies dari buah kurma. Agar citra rasanya menjadi lebih kaya dan mengandung tinggi nutrisi kamu bisa menambahkan kacang almond.

Buah kurma akan membuat tubuh kamu tetap berenergi meskipun berpuasa.

  • Muffin Keju Telur

Para pecinta telur bisa banget ini mencoba muffin keju telur. Menu sahur sederhana dan praktis bergizi ini memiliki tekstur yang lembut dan mengandung tinggi nutrisi.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan bahan-bahan seperti telur dan bayam, setelahnya taburi bumbu garam, bubuk bawang putih, dan merica untuk menambah rasa.

Kemudian masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam Loyang muffin dan taburkan parutan keju diatasnya. masukkan ke oven hingga muffin matang, dan sajikan.