Sumber: pinterest.com

Bagi para pekerja kantoran, setiap hari mereka menghabiskan waktu di kantor dari pagi hingga sore dengan menguras fisik dan juga pikiran. Bahkan tak jarang diantara mereka ada yang terlalu banyak duduk dan menatap monitor sehingga membuat leher dan punggung terasa sakit atau membuat kepala jadi pusing. Hal tersebut tentunya bisa mempengaruhi kesehatan badan kita.

Selain itu, dengan kesibukan yang padat karena banyak tugas yang harus dikerjakan dan adanya rapat pertemuan dengan klien tentunya membuat kita kurang memperhatikan pola makan yang kita konsumsi. Perlu kalian tahu, bahwa pola makan yang kurang sehat bisa menimbulkan macam-macam penyakit dan resiko kesehatan seperti obesitas dan serangan jantung yang bisa menyebabkan kematian.

Seorang penelitian dari Eropa menemukan bahwa manusia yang bekerja 10 jam hingga lebih setiap harinya memiliki resiko 60% lebih besar dalam mengalami masalah seperti kardiovaskular dan serangan jantung.

Oleh karena itu, menjaga asupan makan dan gizi selama bekerja juga perlu kamu perhatikan karena tubuh kamu juga perlu istirahat yang cukup. Berikut ini ada beberapa cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat saat bekerja di kantor.

  • Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup

Sumber: pinterest.com

Kebutuhan cairan selama bekerja juga perlu kamu konsumsi dengan baik agar bisa menjaga kesehatan tubuh. Perbanyak minum air putih minimal 8 -10 gelas per hari.  Terutama buat kamu yang bekerja di ruangan ber-AC, hal ini dapat menghindari tubuh kamu agar tidak terkena dehidrasi serta bisa melancarkan peredaran darah pada otak sehingga kamu akan tetap fokus saat bekerja.

Oleh karena itu, betapa penting nya mengkonsumsi air putih untuk menjaga tubuh kita agar  tetap sehat dan tidak gampang lesu saat bekerja. Mungkin kamu juga bisa membawa satu botol air minum untuk di kantor minimal 600 ml agar dapat menjaga tubuh kita tetap fit dan sehat selama bekerja.

  • Perhatikan asupan makan

Perhatikan asupan makan

Sumber: pinterest.com

Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi secara teratur agar tubuh tetap terjaga meski seharian bekerja dikantor. Agar waktu makan kamu jadi lebih teratur mungkin kamu bisa menjadwalkan waktu makan kamu dari pagi, siang dan malam.

Untuk makanan siang mungkin kamu bisa membawa makanan dari rumah agar lebih praktis dengan makanan yang sehat dan bergizi misalnya sup, salad, dan sayuran yang bisa jadi menu makan siang andalan kamu. Selain bisa membuat tubuh menjadi sehat, mengkonsumsi makanan dengan teratur juga bisa membuat pekerjaan kamu jadi lebih maksimal.

  • Olahraga ringan

Olahraga ringan

Sumber: pinterest.com

Dengan banyaknya aktivitas di kantor yang dilakukan biasanya para pekerja suka lupa untuk melakukan olahraga. Padahal olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Lakukanlah olahraga ringan seperti merenggangkan otot-otot tubuh serta merilekskan tubuh dengan jalan-jalan ringan sambil melihat pemandangan yang ada di kantor.

Perlu diketahui, bahwa terlalu kebanyakan duduk bisa menyebabkan berbagai resiko penyakit seperti tidak lancarnya aliran darah, semakin bertambahnya berat badan, bahkan bisa menyebabkan terkena serangan jantung. Oleh karena itu, betapa pentingnya olahraga bagi kesehatan tubuh agar tetap sehat dan fit selama beraktivitas.

  • Selalu periksa tekanan darah

Selalu periksa tekanan darah

Sumber: pinterest.com

Cara yang satu ini sangat penting bagi kesehatan tubuh. Dengan banyaknya pekerjaan kantor yang perlu diselesaikan tentunya membuat para pekerja tidak ada waktu pergi ke rumah sakit untuk memeriksa tekanan darah yang dimilikinya. Padahal memeriksa tekanan darah dengan rutin sangatlah penting untuk mengecek kondisi awal yang bisa mengakibatkan penyakit jantung dan stroke.

Hal tersebut bisa terjadi karena pola makan yang tidak sehat dan kurangnya kegiatan olahraga yang bisa menjadi faktor utama terkena serangan jantung dan stroke. Sekarang ini kamu gak perlu repot-repot lagi pergi kerumah sakit  untuk memeriksa tekanan darah  karena pekerjaan yang tidak bisa ditinggali. Pasalnya, sekarang sudah ada yang namanya alat tensi darah yang bisa kamu gunakan sendiri di rumah bahkan di tempat kerja. Praktis bukan!

  • Jangan terlalu banyak minum kopi

Jangan terlalu banyak minum kopi

Sumber: pinterest.com

Biasanya minum kopi dilakukan agar bisa mengurangi rasa kantuk saat bekerja. Namun, jangan terlalu banyak minum kopi karena bisa menyebabkan kecanduan kafein yang tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan.

Maka dari itu, usahakan lah untuk minum secangkir kopi dalam 1 hari sekali saja dan lebih baik mengimbangi nya dengan banyak minum air putih.

Demikianlah pembahasan tentang beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat saat bekerja seharian di kantor. Baca juga Tips Gaya Hidup Sehat untuk Orang Dewasa.