5 Cara Mendapatkan Kode PUK Telkomsel untuk Membuka Kartu SIM yang Terblokir

  • 2 min read
  • Nov 02, 2020
kode PUK Telkomsel

5 Cara Mendapatkan Kode PUK Telkomsel untuk Membuka Kartu SIM yang Terblokir – Tidak ada orang yang dengan sengaja atau ingin nomor SIM-nya terblokir. Hal ini biasanya terjadi jika pengguna atau pemilik nomor salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali. Ketika nomor SIM terblokir maka Anda tidak bisa melakukan komunikasi menggunakan nomor tersebut. Cara membukanya adalah dengan menggunakan kode PUK atau Personal Unblocking Key.

PUK biasanya berupa angka atau kode tertentu. Masing-masing provider memiliki PUK yang berbeda dan sifatnya personal. Itu artinya, Anda tidak akan bisa menggunakan kode PUK milik orang lain atau operator lain. Jika Anda pengguna nomor Telkomsel maka hanya bisa menggunakan PUK yang disediakan oleh provider tersebut. Lalu, bagaimana mendapatkan kode PUK dari provider Telkomsel?

Mengunjungi GraPARI Terdekat

Cara pertama yang terpikirkan ketika menemukan ponsel kita terblokir adalah dengan mengunjungi GraPARI untuk mendapatkan kode PUK Telkomsel. Sayangnya, sekali pun masalah kita bisa dengan cepat terselesaikan, mengunjungi GraPARI terbilang sedikit merepotkan. Tidak semua daerah dekat dengan lokasi pusat layanan Telkomsel tersebut. Dari pada harus ribet, tidak sedikit orang memilih membeli nomor baru.

Masuk ke Website atau Situs Telkomsel

Sebenarnya, Anda tidak perlu repot-repot pergi keluar rumah mencari GraPARI. Nomor PUK bisa dicari melalui situs Telkomsel dengan mengaksesnya menggunakan nomor ponsel yang terblokir. Jika sudah masuk maka pilih menu profil dan cari menu PUK. Di sana Anda akan mendapatkan kode PUK yang dibutuhkan untuk membuka nomor ponsel Anda yang terkunci atau terblokir.

Hubungi Call Center

Masih ingat dengan layanan Halo Veronica? Layanan call center ini membantu Anda untuk mendapatkan kode PUK Telkomsel dengan menghubungi nomor 188. Masukkan PIN T-Care kemudian pilih lanjut dengan memasukkan kembali nomor PIN. Ketika menghubungi costumer service ini Anda akan dimintai beberapa keterangan pribadi untuk memastikan bahwa nomor yang akan dibuka memang benar nomor Anda.

Hubungi Melalui Media Sosial Resmi Telkomsel

Layanan Telkomsel tidak mau ketinggalan zaman. Selain kunjungan langsung ke GraPARI, menghubungi call center di 188 dan juga kunjungan ke situs MyTelkomsel, Anda bisa meminta kode PUK ini melalui media sosial resmi Telkomsel. Jika bicara media sosial, tentu saja hampir semua pengguna ponsel pintar memiliki setidaknya satu media sosial atau media chatting yang aktif digunakan secara rutin.

Saat ini, Telkomsel menyediakan tiga layanan media sosial atau media chatting. Ketiga media tersebut adalah Line, FB Messenger dan Telegram. Pastikan ponsel yang akan Anda gunakan untuk menghubungi pihak telkomsel memiliki salah satu aplikasi tersebut.

Masing-masing layanan di media sosial sudah menyediakan menu-menu khusus terkait layanan yang biasa diberikan termasuk layanan permintaan kode PUK Telkomsel.

Gunakan Layanan UMB

Cara terakhir untuk mendapatkan kode PUK bagi para pengguna Telkomsel adalah dengan menggunakan layanan UMB dengan menekan *116#. Anda akan disuguhkan beberapa pilihan, di antara pilihan tersebut di antaranya adalah menu PUK. Masukkan nomor yang terblokir atau 16 digit angka yang terdapat di balik kartu SIM yang terblokir supaya bisa dibuka menggunakan PUK yang nantinya diberikan.

Supaya tidak kesulitan mencari kode PUK Telkomsel maka Anda harus berhati-hati ketika menggunakan PIN untuk membuka kartu SIM Anda. Dengan penggunaan yang hati-hati, Anda akan terhindar dari semua kerepotan ini. Nomor PIN dan PUK pada nomor SIM itu penting sehingga ada baiknya untuk mengingat dan menyimpan dengan baik nomor-nomor tersebut.