Geografi adalah mata pelajaran luas yang melibatkan area yang luas sehingga lumayan susah untuk diingat. Tidak heran kalau banyak pelajar yang menganggapnya pelajaran yang susah dan membosankan. Akan tetapi perlu dipahami bahwa dibalik sisi yang tidak menyenangkan tersebut, Geografi juga menjadi salah satu kunci untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak mengenai dunia ini. Nah ini ada metode agar pelajaran Geografi menjadi pelajaran yang menyenangkan, yuk simak ulasannya berikut ini:

  1. Jangan Anggap Pelajaran Geografi adalah Pelajaran Menghafal

Cara pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah hilangkan anggapan bahwa Geografi adalah pelajaran menghafal. Kenapa ini penting? Karena sebenarnya anggapan seperti ini bisa membuat siapa saja merasa tertekan dan menjadi lebih malas untuk mempelajarinya. Melihat materi yang banyak saja sudah pusing, apalagi untuk membacanya.

Nah, setelah kamu berhasil menghilangkan anggapan tersebut, ganti dengan anggapan lain yang menunjukkan bahwa Geografi sebenarnya hanya perlu dipahami, bukan dihafalkan di luar kepala. Dengan mempunyai dua anggapan ini, besar kemungkinan kamu menjadi lebih bersemangat dan bersedia bekerja keras untuk mengulang-ulang materi yang saat itu sedang dipelajari.

  1. Mulai Cintai Pelajaran Geografi dan Perbanyak Referensi

Cara belajar Geografi selanjutnya adalah mulai menanamkann rasa cinta pada pelajaran Geografi. Dengan kamu mencintai pelajaran yang satu ini secara otomatis kamu juga akan lebih semangat dalam mempelajarinya. Lalu bagaimana kita akan menyukainya jika mendengarnya saja kita sudah mulai malas?

Sebenarnya jawaban atas masalah ini sangat sederhana, yaitu ketahui apa saja manfaat yang akan kamu dapatkan setelah mempelajari Geografi. Dengan begini, rasa penasaran kamu tentang materi tersebut juga bisa menjadi lebih tinggi sehingga kamu jadi terpancing deh untuk mempelajarinya lebih banyak lagi.

  1. Kaitkan dengan Fenomena yang Terjadi di Sekitar

Sebenarnya, Geografi adalah salah satu pelajaran yang sangat mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan kajian Geografi itu pada dasarnya adalah alam yang ada di sekitar, baik yang sifatnya fisik maupun yang sifatnya sosial.

Karena itulah ketika kita mendapati adanya sebuah fenomena, cobalah untuk mengaitkannya dengan materi Geografi yang pernah kita pelajari. Contoh, saat televisi menayangkan berita tentang gempa bumi di suatu daerah. Jika gempa tersebut tergolong sebagai gempa tektonik, cobalah telusuri tentang apa yang bisa mengakibatkan gempa tektonik tersebut terjadi.

Dengan mengaitkan langsung materi Geografi yang dipelajari dengan fenomena nyata di muka bumi, secara tidak langsung ini akan membantu kita untuk bisa lebih cepat ingat dengan materi Geografi tertentu.

  1. Ubah Metode Belajar Geografi

Kalau kamu merasa bosan belajar Geografi dari buku, ada metode belajar yang menyenangkan yaitu dengan aplikasi Ruangguru dengan fitur Ruangbelajar. Materi yang disajikan berupa video interaktif berupa animasi, sehingga kita tidak bosan dan cepat memahami materi tersebut. Ada latihan dan pembahasannya juga loh.

Gimana teman-teman, mudah bukan untuk mengubah pelajaran Geografi menjadi menyenangkan? Jangan lupa untuk download aplikasi Ruangguru sekarang juga, belajar Geografi menjadi menyenangkan melalui fitur Ruangbelajar.